Tingkatkan Kepuasan Kerja Karyawan Melalui Aplikasi HRD

227
aplikasi hrd linovhr

Teknologi.info – Selain kepuasan konsumen, penting bagi perusahaan untuk menjaga kepuasan karyawan dalam bekerja di perusahaan. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan kepuasan karyawan dalam bekerja akan mempengaruhi kinerja karyawan itu sendiri. Karyawan yang memiliki kepuasan kerja tinggi cenderung bekerja lebih giat dibandingkan dengan karyawan yang memiliki tingkat kepuasan rendah. Banyak perusahaan pun mulai mencari cara agar menjaga tingkat kepuasan karyawan tetap terjaga dengan dukungan aplikasi HRD?

Pentingnya Kepuasan Kerja Karyawan

Kepuasan karyawan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan apakah karyawan bahagia dan memenuhi keinginan serta kebutuhan mereka di tempat kerja. Banyak ukuran yang menyatakan bahwa kepuasan karyawan merupakan faktor motivasi karyawan, pencapaian tujuan karyawan, dan semangat kerja karyawan yang positif di tempat kerja. Berkomunikasi secara transparan tentang perubahan dan rencana masa depan merupakan bagian dari proses pengembangan kepuasan yang positif. Tanpa komunikasi yang transparan, karyawan tidak akan mempercayai perusahaan dan tidak akan merasa puas untuk bekerja di perusahaan.

Baca Juga: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Customer Service

Kepuasan karyawan digunakan untuk menggambarkan seberapa puas karyawan dengan elemen seperti pekerjaan, pengalaman, dan organisasi tempat mereka bekerja. Kepuasan karyawan adalah salah satu metrik utama yang dapat membantu menentukan kesehatan perusahaan secara keseluruhan.  Itulah sebabnya banyak perusahaan berusaha untuk mempertahankan kepuasan karyawan dan melacak tren kepuasan dari waktu ke waktu. Tingkat kepuasan yang tinggi menunjukkan bahwa karyawan senang dengan cara atasan mereka memperlakukan mereka, di mana akan mempengaruhi output dan pendapatan perusahaan secara keseluruhan.

Bagaimana Aplikasi HRD Mempertahankan Kepuasan Kerja Karyawan?

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan kerja karyawan memperlakukan karyawan dengan baik, menawarkan tunjangan dan gaji, dan layanan yang serba mudah seperti pemberian feedback kinerja dari manajer atau pengajian cuti. Nah, kegiatan administrasi manual oleh HRD yang sering diajukan dari karyawan biasanya memakan waktu lama dan proses berbelit. Contohnya dalam pengajuan cuti, karyawan harus terlebih dahulu membuat surat cuti dalam situasi genting seperti anak sakit atau anggota keluarga meninggal. Cara manual tersebut dapat diatasi dengan aplikasi HRD dari LInovHR.

Perusahaan menawarkan tunjangan kepada karyawan. Bagaimanapun besarnya gaji dan tunjangan yang akan diterima karyawan, administrasi penggajian bulanan memiliki berbagai tantangan seperti pengiriman gaji telat atau kesalahan hitung oleh staf HRD. Karyawan pun harus menunggu pembayaran gaji lebih lama. Tak ada satupun karyawan yang senang jika gajinya terlambat.  Inilah salah satu cara aplikasi HRD membantu menjaga kepuasan karyawan dengan mengelola gaji lebih efektif dan mudah. Karyawan akan menerima gaji saat itu juga ketika HRD selesai melakukan proses penggajian menggunakan aplikasi HRD.

Hal lain yang bisa dilakukan Aplikasi HRD dalam penilaian kinerja karyawan. Tinjauan mendalam mengenai kinerja adalah kesempatan pihak manajerial untuk mengapresiasi karyawan atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik dan  melakukan perbaikan. Feedback yang lebih baik mendorong karyawan untuk melangkah maju. Lebih banyak wawasan tentang kelemahan mereka dapat memandu karyawan saat mereka menyusun rencana perbaikan yang lebih baik.

Aplikasi HRD membantu perusahaan dan HRD untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dengan cara yang lebih sistematis. Hal ini membuat HRD akan membahas lebih dari sekadar diskusi standar tentang kehadiran dan pekerjaan yang diselesaikan dalam ulasan kinerja. Nah, penasaran bagaimana cara lain yang akan dilakukan Aplikasi HRD dari LinovHR untuk menjaga kepuasan kinerja karyawan? Yuk, coba LinovHR sekarang juga dengan menghubungi tim LinovHR!