Petinggi Huawei Ini Tanyakan Kegunaan Smartwatch

55
Huawei Watch 2
Huawei Watch 2

Teknologi.info – Smartwatch (jam tangan pintar) ialah salah satu perangkat wearable yang digunakan di tangan. Biasanya perangkat ini terhubung dengan smartphone, fungsinya tidak hanya melihat waktu tapi sampai mengetahui kesehatan dan olahraga.

Salah satu petinggi Huawei ini malah mempertanyakan dan menganggap smartwatch tidak jelas kegunaannya. Pernyataan itu dikeluarkan Deputy Chairman Huawei, Eric Xu Zhijun dalam sesi tanya jawab di Huawei Global Analys Summit 2017 di Tiongkok.

Saat event itu, Eric yang sekarang bergiliran menjadi CEO Huawei mengatakan, “Saya selalu kebingungan soal apa kegunaan smartwatch saat kita sudah mempunya smartphone. Saat tim smartwatch di Huawei mempresentasikan ide-idenya padauk dengan semangat tinggi, saya selalu mengingatkan mereka untuk memikirkan apakah benar-benar ada kebutuhan nyata (untuk produk ini) di pasar.”

Huawei mempunyai tim untuk mengembangkan smartwatch dan yang terbaru diluncurkan adalah Huawei Watch 2. Arloji pintar ini dikenalkan di acara Mobile World Congress 2017 pada Februari lalu di Spanyol.

Alasan Eric tidak tertarik dengan keberadaan smartwatch memang ada alasannya. Karena sampai saat ini, pengguna yang memakai smartwatch dan perangkat wearable masih belum tahu kegunaannya. Malah banyak yang berhenti menggunakan seperti diutarakan dari survei Gartner bertajuk 2016 Personal Technology Study.

Huawei masih berjuang untuk mendapatkan traksi di pasar smartwatch yang masih dikuasai Apple dengan Apple Watch-nya.

Hadirnya Eric sebagai CEO dikarenakan ada kebijakan dari Huawei dimana petinggi eksekutif bergantian menjadi CEO setiap enam bulan sekali. Hal ini memunculkan pandangan berbeda di posisi pimpinan. Seperti yang diutarakan Eric tentang smartwatch.