Samsung dan Xiaomi Siap Kerjasama dalam Produksi Komponen

601
Lei Jun, CEO, Chairman & Founder Xiaomi
Lei Jun, CEO, Chairman & Founder Xiaomi

Teknologi.info – Kabar terbaru bahwa akan terjadi kesepakatan besar antara dua perusahaan teknologi yaitu Xiaomi dan Samsung. Kerja sama diantaranya keduanya adalah produksi komponen untuk smartphone.

Pembahasan kedua perusahaan akan dilakukan oleh Lei Jun sebagai founder dan CEO Xiaomi dengan Jun Young-Hyun sebagai Presiden & General Manager Divisi Memory Business Device Solutions Samsung. Pertemuan mereka berdua direncanakan diadakan pekan ini di Seoul, Korea Selatan.

Xiaomi dikabarkan tertarik untuk memasok chip memori dari Samsung. Dengan ketertarikan Xiaomi, membuat Samsung menjadi pemain terbesar untuk memasok memori di Tiongkok yang tidak hanya nantinya di Xiaomi, tapi juga smartphone mereka sendiri, Samsung dan iPhone milik Apple.

Selain itu juga, Lei Jun akan bertemu dengan divisi Display dari Samsung untuk membicarakan komponen layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) untuk smartphone Xiaomi berikutnya. Ketertarikan tersebut dikarenakan melihat Apple menggunakan panel layar OLED untuk iPhone tahun depan.

Memang Xiaomi sedang mencari penyedia komponen untuk layar lengkung di smartphone mereka. Dan Samsung diprediksi menjadi klien potensial untuk kerjasama tersebut. Dimana Xiaomi akan meluncurkan Mi Note 2 dengan layar lengkung.

Ada informasi menyebutkan Samsung akan membuat modul kamera ganda untuk memasok perangkat terbaru Xiaomi. Yang akan memproduksi ialah Samsung Electro-Mechanics (Semco) merupakan divisi untuk memproduksi berbagai macam komponen elektronik.

Sebenarnya dalam smartphone Xiaomi terdapat modul kamera tunggal dari Semco. Diprediksi pada semester kedua 2016 Xiaomi merilis Mi 5s sebagai perangkat pertama yang menggunakan modul kamera ganda dari Samsung.

Advertisements