Lima Tahapan Saat Kamu Memulai Bisnis Online

319
online
Ilustrasi Online

Teknologi.info – Ketika memulai sebuah bisnis apalagi menggunakan media internet alias online. Perlu banyak tahapan untuk memperkenalkan usaha yang dikerjakan tersebut sehingga banyak dicari oleh berbagai orang. Verisign memberitahukan ada lima tahapan jika kamu memulai bisnis online yaitu sebagai berikut:

Bangun Brand Kamu

Jika kamu memiliki nama domain yang mengarah langsung ke halaman media sosial atau website, maka itu adalah brand atau merek usaha kamu di dunia maya. Pastikan semua itu terintegrasi dengan keseluruhan dari identitas bisnis seperti kartu nama, iklan, signature e-mail, dan lain-lain.

Banyak pelaku UKM mengabaikan nama domain dan alamat e-mail yang professional. Padahal itu merupakan cara mudah dan murah untuk tampil baik saat membangun brand bisnis. Bahkan, 90% dari konsumen lebih nyaman menjadi pelanggan dari usaha kecil yang menggunakan e-mail professional daripada yang tidak menggunakan.

Jika kamu tidak bisa membuat email profesional sesuai nama domain, bisa dengan mudah dibuatkan oleh penyedia layanan nama domain dimana kamu beli. Menggunakan Google Apps for Business sangat dianjurkan bagi yang memiliki email personal dari Gmail.

Terakhir, pastikan seluruh kegiatan offline bisnis kamu selaras dengan brand online sehingga tidak membuat rancu di mata konsumen.

Buat Konten

Untuk menjadi beda dengan kompetitor, maka perlu adanya konten yang berkualitas tinggi dan menarik sehingga bisa menarik calon konsumen. Banyak tips pembuatan content marketing, tapi tiga hal yang dibawah ini perlu untuk kamu perhatikan.

  • Fokus dan konsisten dengan topik atau minat yang kamu ketahui sehingga pembaca merasa memiliki keterikatan kuat dengan bisnis yang dijalankan.
  • Buat itu dengan mudah dan sederhana. Terbitkan blog pada website bisnis kamu sehingga menjadi sumber konten menarik bagi pembaca tanpa memakan banyak waktu dan biaya. Tulislah 2 sampai 3 paragraf per artikel yang diterbitkan dan minta bantuan orang lain untuk memeriksa tulisan tersebut.
  • Pantau konten tersebut baik yang di media sosial atau website sehingga kamu bisa menganalisa. Data yang bisa diketahui seperti jumlah klik, jumlah penayangan, dan lain-lain. Bisa menjadi ukuran konten yang kamu jalankan itu bekerja dengan baik atau tidak.

Mulai Mencari Pelanggan

Jangan mengharapkan konsumen untuk datang ke website dan media sosial usaha untuk membeli produk. Kamu perlu aktif untuk menemukan dan menarik mereka untuk melakukan transaksi. Ada tiga cara efektif untuk menemukan pelanggan baru.

  • Pertama, email marketing merupakan cara yang paling efektif untuk memasarkan usaha dan menjadikan pelanggan loyal terhadap brand.
  • Kedua, social media marketing merupakan cara pemasaran melalui media sosial. Perlu mengetahui platform media sosial mana yang cocok untuk bisnis kamu. Serta kelola dengan tepat dan terukur sehingga tercapainya target yang diinginkan melalui cara ini.
  • Ketiga, search engine marketing adalah membayar kata kunci sesuai dengan bisnis kamu di mesin pencari. Dari situ website kamu bisa berada di halaman pertama mesin pencari saat pelanggan mencari kata kunci tersebut.

Pasarkan dan Monetisasi

Jika kamu berencana untuk menjual produk secara online, perlu diperhatikan seperti cara pemesanan, proses pembayaran, dan dukungan komunikasi antar pelanggan dan tim penjualan. Bahkan, jika kamu tidak berencana untuk menjual produk sesuai standar e-commerce, kamu tetap bisa menerima dan melayani pemesana melalui website atau media sosial. Website bisa ditaruh link serta formulir untuk mendapatkan informasi pelanggan agar bisa ditindaklanjuti dikemudian hari.

Mempersiapkan Langkah Berikutnya

Saat memasuki dunia online untuk berbisnis walaupun tidak mempunyai latar belakang yang sesuai, kamu sudah siap menghadapi tantangan yang lebih besar. Apakah berupa perpindahan dari halaman media sosial ke website atau meningkatkan kapabilitas website dimana bisa teroptimasi dengan jelas baik mobile atau e-commerce. Kamu perlu juga membuat perencanaan untuk tujuan spesifik bisnis agar bisa bersaing dan memenangkan pasar.

Comments