Rahasia Sukses Marketplace Hijau Ini Dibongkar Habis Oleh CEO-nya Sendiri

763
Rahasia sukses Tokopedia

Teknologi.info – Menyalip Total dan Nutrifood di posisi kedua dan ketiga, Tokopedia selaku platform ecommerce menempati posisi teratas dengan budaya perusahaan terbaik saat ini.

Selain itu, Jobplanet menobatkan Tokopedia sebagai startup paling diminati oleh para pencari kerja. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya jumlah pelamar kerja, yakni mencapai 24.000 orang setiap bulannya.

Sungguh merupakan prestasi yang sangat luar biasa untuk sebuah marketplace yang didirikan sejak tahun 2009 itu.

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia membongkar rahasia bagaimana cara ia memanajemen karyawannya. Ia mengungkapkan bahwa visi misi perusahaan merupakan tujuan, nilai atau DNA dari perusahaan sebagai kompas, serta budaya kerja sebagai peta. Sistem kerja inilah yang ia tekankan kepada karyawannya di Tokopedia.

Strategi tersebut terbukti berhasil diterapkan. Pada awalnya jumlah karyawan sebanyak 80 orang meningkat menjadi kurang lebih 400 orang di akhir tahun 2015. Walaupun kuantitas tim berkembang pesat, namun setiap dari mereka mampu bekerja secara independen.

Tokopedia dilekatkan pada tiga nilai atau DNA, yakni: growth mindset, focus on consumer, dan make it happen & make it better, lanjut pria kelahiran Pematang Siantar 34 tahun yang lalu ini.

Ia juga menekankan bahwa ketulusan dalam berbagi harus dimiliki oleh seorang pemimpin layaknya seorang guru dan karyawan memiliki tekad untuk selalu belajar layaknya seorang murid. Serta bersikap selalu rendah hati.

Dalam keterangan tertulisnya, William mengatakan bahwa Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) merupakan knowledge worker dimana mereka memiliki dorongan untuk menemukan tujuan mereka di perusahaan. Dan juga, hanya dengan memberikan kesempatan dan kepercayaan inilah, maka Tokopedia mampu melakukan pengembangan kualitas SDM yang lebih baik.

Comments