Memilih Aplikasi Software Apotek Terbaik

116
aplikasi software apotek terbaik

Teknologi.info – Pada artikel ini, kami mencoba memberikan gambaran keseluruhan tentang software apotek, mulai dari konsep billing apotek, Point Of Sale (POS), dan software manajemen. Meski dalam bahasa Indonesia sofware diartikan dengan “Perangkat Lunak”, masyarakat umumnya masih lebih banyak menggunakan kata software dalam mencarinya atau ketika membicarakannya. Coba saja ketik di Google, ada banyak saran kata kunci tentang software apotek mulai dari software apotek terbaik, software apotek dan klinik, software apotek gratis, software apotek online, download software apotek, harga software apotek, hingga yang paling ekstrim adalah software apotek full crack!

Tujuan kami sederhana, agar para pelaku bisnis atau apoteker ketika mencari sebuah perangkat lunak untuk apoteknya, bisa mengerti tentang fungsi esensial dari sebuah program aplikasi serta memahami bagaimana sebuah software manajemen apotek bisa membantu Anda meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Apa itu Software Penagihan Apotek?

Aplikasi apotek atau software manajemen apotek menyediakan seluruh mekanisme yang diperlukan untuk menjalankan bisnis apotek (atau bahkan untuk toko obat sekalipun). Software apotek ini membantu mulai dari pencatatan pembelian (Purchasing) dan penjualan (Sales/POS) sampai ke biaya-biaya lain yang menyertai dalam prosesnya.

Software apotek juga memiliki beberapa kriteria lain yang akan membantu Anda mengelola bisnis apotek secara efisien jika memiliki fitur-fitur seperti manajemen stok (stok level, nomor bet/batch/lot, tanggal kadaluarsa/ED dan lain-lain), manajemen obat, sistem pencatatan laporan yang real-time, manajemen faktur POS dan lain sebagainya. Software apotek juga diperuntukan agar kerapian dalam mengatur dan mencatat laporan penjualan, alur kerja manajemen, dan menjaga kualitas rekam medis.

Selama beberapa dekade terakhir, kita telah melihat evolusi teknologi yang luar biasa. Bahkan masyarakat kini sudah menerapkan dan memanfaatkan teknologi di segala bidang. Teknologi di bidang medis dan kesehatan meningkatkan efisiensi kerja dan dapat menyelamatkan jutaan nyawa. Selain itu, otomatisasi telah membawa tingkat akurasi yang tinggi dalam tugas rutin dan berulang.

Mengapa Penting Memiliki Software Apotek untuk Apotek Anda?

Apakah Anda sudah terbayang betapa pentingnya Software farmasi? Lebih jauh, mungkin Anda akan bertanya “Mengapa Anda membutuhkannya?” “Bagaimana Anda akan mendapatkan manfaat dari menggunakan Software apotek ini di toko apotek Anda?” dan sebagainya. Jangan khawatir, kami mencoba menyajikan sedikitnya 7 hal untuk menjawab pertanyaan tersebut.

7 Alasan Mengapa Apotek Menggunakan Software Apotek

1. Bangun Hubungan Business to Business (B2B) yang Lebih Baik

Berurusan dengan banyak manufaktur atau supplier dan mempertahankan hubungan yang bermanfaat pada saat yang sama adalah bagian yang penting dan paling menantang. Jika Anda seorang apoteker dan menggunakan prosedur manajemen tradisional, tentu saja, Anda mungkin tidak akan berhenti untuk menelepon pabrikan atau distributor untuk mendapatkan produk Anda tepat waktu. Proses ini jelas memakan waktu lebih panjang.

Di sisi lain, mengadopsi sistem manajemen apotek berbasis digital bisa membuat Anda mengelola dengan lebih fleksibel. Anda akan terbantu berurusan dengan banyak produsen/distributor pemasok produk. Selain itu, dengan menggunakan software apotek, Anda bisa menyimpan semua detail tentang produsen seperti nama, nomor kontak, alamat, email, saldo total, jatuh tempo dll. Tidak perlu lagi menyimpan buku catatan panjang untuk mencatat semua data. Software manajemen apotek terbaik lah yang bertugas mengelolanya.

2. Penjualan Cepat dan Lancar

Jika dilihat dari sudut pandang pelanggan, pelanggan selalu menginginkan pelayanan yang cepat dan lancar untuk setiap pembeliannya. Serupa dengan itu, pelanggan apotek juga menginginkan transaksi yang akurat dan aman. Software Apotek bertanggung jawab untuk menjaga keakuratan dan efisiensi kasir.

Sehari-harinya, apotek umumnya sangat sibuk dan mengambil banyak keputusan penting untuk menjalankan operasi dengan benar. Oleh karena itu, apotek selalu perlu mempertimbangkan software manajemen farmasi terbaik untuk implementasi yang akurat dari setiap layanan.

3. Customer Relationship Management (CRM) yang Lebih Bersahabat

Ketika Anda menggunakan software apotek, seharusnya hubungan Anda dengan pelanggan menjadi lebih baik. Bahkan ada software apotek yang bisa memberikan poin reward kepada pelanggannya untuk kemudian ditukarkan dalam bentuk diskon ketika berbelanja di apotek. Software Apotek juga membantu meminimalisir risiko kesalahan dalam penyampaian harga.

4. Hemat

Benarkah menggunakan sofware apotek malah bisa menghemat biaya pengeluaran? Bukankah ada biaya yang dikeluarkan lagi untuk menyewa atau membeli software/aplikasi apotek?

Karena software apotek ini hadir dengan begitu banyak manfaat dan fitur untuk menjaga apotek Anda secara efisien dalam satu sistem, Anda mungkin akan terkejut jika melihat harganya. Cukup ramah dengan kantong. Memang poin ini relatif; tergantung kemampuan keuangan masing-masing apotek.

Biayanya pun beragam, ada yang sistem bayar perbulan, pertahun bahkan ada yang cukup 1x bayar saja!

Selain masalah harga perangkat lunaknya, jangan lupa bahwa software juga membantu Anda menghilangkan biaya yang terkait dengan operasi dan pemeliharaan dalam bisnis. Dengan software manajemen farmasi, Anda bisa menganalisa pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu karena semua tercatat dengan baik secara digital.

5. Sistem Manajemen yang Dapat Diandalkan dan Aman

Dikatakan software apotek terbaik jika sistem manajemennya bisa diandalkan dan aman. Software akan mencatat semua aspek bisnis Anda, seperti detail produsen, catatan penjualan/penagihan, stok yang tersedia di catatan apotek, nomor bets/batch, tanggal kadaluarsa/ED, catatan akun, dan banyak lagi.

Anda dapat mengandalkan sistem manajemen ini karena sistem manajemen apotek mengurangi kemungkinan kehilangan data apa pun dan risiko diretas. Malahan dapat membantu Anda memantau apotek dengan baik.

6. Meningkatkan Produktivitas

Menjaga akurasi pada alur kerja atau mempertahankan produktivitas dalam bisnis apa pun sangat penting. Kita semua dapat memahami bahwa konsistensi produktivitas dengan sistem yang baik bisa bertumbuh dua kali lipat (bahkan lebih) jika dibandingkan dengan sistem manual.

Otomatisasi di apotek Anda tidak hanya akan meningkatkan produktivitas Anda tetapi juga membantu menghemat waktu Anda. Bayangkan, berapa banyak waktu yang terbuang jika Anda setiap hari harus menghitung stok yang harus dibeli (level stock) atau disibukan dengan mengingat-ingat expired date obat yang ada? Memakan banyak waktu bukan? Padahal dengan waktu tersebut, Anda bisa melakukan hal yang lebih berdampak. Dengan adanya software apotek, Anda sudah sangat tertolong juga membantu Anda tetap berada di jalur yang teratur (sesuai SOP).

7. Data yang Efisien

Filter data yang efisien merupakan faktor lain yang bermanfaat bagi seorang apoteker. Karena kita semua mengerti; bagaimana menyediakan obat dengan cepat dan aman bisa meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan Anda. Oleh karena itu, Software manajemen apotek terbaik hadir dengan sistem yang mudah digunakan dan cepat.

Faktor yang membuatnya lebih cepat dan user friendly adalah karena; sistem penagihan muncul dengan kotak pencarian atau kotak penyaringan data. Kotak penyaringan data ini membantu apoteker untuk mencari obat yang diinginkan oleh pelanggan. Apoteker hanya akan memilih kategori obat atau mencari obat yang diinginkan oleh pelanggan. Faktor unik ini pasti akan membantu Anda untuk memenangkan hati pelanggan Anda. “eh, di apotek itu pelayanannya cepat loh” kira-kira begitu ucapan seoarang pelanggan yang puas.

Waktu yang Tepat Untuk Menerapkan Sistem Manajemen Apotek

Tidak ada waktu yang tepat atau keliru untuk memulai sesuatu yang baru; pada kenyataannya, memulai sesuatu “SEKARANG” selalu membawa hasil terbaik. Apakah Anda pusing dengan sistem manual di apotek yang rawan kesalahan? Apakah Anda memperhatikan tanda-tanda kejengkelan di wajah pelanggan Anda, yang telah menunggu dalam antrean panjang untuk waktu yang lama? Mendapatkan keluhan dari pelanggan; karena obat yang tersedia di stok tidak mencukupi? Apakah Anda menghadapi masalah dalam mengatur catatan, laporan, tagihan, stok, inventaris, dll?

Maka kami pikir, SAAT INI adalah waktu yang tepat Anda untuk membeli Software Aplikasi Manajemen Apotek.

Biaya Pengembangan Sistem Manajemen Apotek

Karena Anda sudah sampai pada paragraf ini, kami harap Anda memiliki pemahaman yang inklusif tentang fitur, manfaat, kebutuhan, dan inspirasi untuk mengadopsi sistem manajemen apotek terbaik untuk apotek atau toko obat Anda. Oleh karena itu kami akan membahas harga dan biaya dari solusi digital untuk mengelola apotek ini. Mari kita lihat dan analisis diri Anda sendiri apakah harga berikut ini cukup “masuk akal” atau tidak.

Mengingat software saat ini kebanyakan web based dan menggunakan server (agar bisa diakses dari mana saja), dalam sebuah software apotek digital memerlukan sedikitnya komponen-komponen berikut:

  • Domain
  • Server/Hosting
  • Fleksibilitas sesuai dengan API pihak ketiga
  • Pemeliharaan dan dukungan
  • Memiliki modul ERP (Enterprise Resource Planning) dan CRM
  • Pengembangan aplikasi web
  • Biaya migrasi data

Jadi, Bikin Sendiri Atau Beli; Mana yang Dipilih?

Kami akan memberikan kepada Anda gambaran sekilas tentang berapa biayanya jika Anda berencana membuat Software apotek sendiri. Kami mengambil rata-rata dan rentang biaya dari berbagai belahan dunia.

  • Amerika Utara: Anda akan dikenakan biaya $3000 hingga $5000
  • Eropa: Anda akan dikenakan biaya $2000 hingga $5000
  • Asia Tenggara: Anda akan dikenakan biaya $1000 hingga $3000 (Indonesia mirip di sini karena kami pernah bertanya dengan rekan pembuat software memang dikisaran 15-50jutaan)

Keuntungan Membuat Software Sendiri

  • Dapat memenuhi keperluan spesifik apotek Anda
  • Jika Anda memiliki rencana untuk meningkatkan apotek Anda, software yang sudah jadi tidak begitu efektif.
  • Anda dapat menambah atau mengubah fungsi yang diinginkan.
  • Tidak perlu membayar modul-modul yang tidak akan pernah digunakan.

Sewa atau Beli Software sudah jadi

Sekarang mari beri Anda gambaran tentang berapa banyak yang harus Anda keluarkan jika Anda ingin mendapatkan Software yang sudah jadi. Di Indonesia, harga yang ditawarkan beragam:

  • Ada yang 300ribu-800ribu per bulan
  • Ada yang 2jt-10jt per tahun
  • Ada yang 12 juta untuk 1 kali pembelian (tidak berlangganan)

Jika Anda jeli, ada juga yang di bawah 10jt untuk 1 kali pembelian.

Mungkinkah Software Apotek Gratis?

Jawabannya adalah “mungkin”.

Bisa jadi gratis karena Anda membuatnya sendiri untuk Apotek Anda sendiri.

ATAU jika gratis dan bukan kita sendiri yang membuatnya, darimana pihak penyedianya mendapatkan keuntungan? Pernah mendengar ungkapan bahwa MATA UANG saat ini ADALAH DATA? Sama seperti Facebook, koq bisa gratis? Ya, secara singkat, kita membayarnya dengan “DATA” kita. Software apotek pun bisa gratis jika pengembang dan pengelola memiliki investor yang cukup kuat (banyak modalnya), jadi nanti kita membayarnya dengan DATA transaksi apotek kita.

Jika Anda konsen dengan DATA, carilah software yang datanya tidak disimpan oleh pihak pengembangnya.

Yang lebih “fatal”? Data sudah di pengembang aplikasi dan Anda masih harus bayar biaya berlangganan softwarenya.

Kesimpulan

Dengan pertumbuhan industri farmasi yang stabil, kita semua dapat memprediksi bagaimana bisnis apotek menjadi bisnis yang menjanjikan! Oleh karena itu, untuk lebih bersaing di pasar dalam jangka panjang, Anda tentu perlu mengadopsi teknologi manajemen apotek yang cerdas untuk mengubah bisnis Anda menjadi apotek yang efisien, produktif, cepat, dan aman.