Cara Memindahkan Data WhatsApp dari iPhone (iOS) ke Android Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

40
Transfer data dari perangkat lain menggunakan Samsung Smart Switch

Teknologi.info – Fitur transfer riwayat percakapan pada aplikasi WhatsApp dari perangkat berbasis iOS ke Android telah hadir untuk pertama kalinya di Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3. Untuk menikmati pengalaman mengalihkan data WhatsApp yang semakin mudah tersebut, pengguna cukup memastikan bahwa versi terbaru dari aplikasi WhatsApp (untuk perangkat iOS serta Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3) dan Smart Switch (untuk Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3) sudah terpasang. Dengan menghubungkan kedua perangkat bersangkutan menggunakan kabel USB-C to Lightning, histori percakapan WhatsApp dari platform iOS dapat dipindahkan ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

“Samsung telah melengkapi Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 dengan aplikasi Smart Switch yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan data dari smartphone lamanya dengan praktis–termasuk data WhatsApp–baik itu dari perangkat Android, iOS, maupun Windows. Fleksibilitas yang diberikan ini membuat Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 menjadi smartphone yang begitu komplit untuk menjadi daily driver baru bagi konsumen.”
Selvia Gofar, Senior Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Transfer Data WhatsApp dan Gambar dari Perangkat iOS ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Anda ingin mengikuti tren smartphone lipat, namun masih khawatir tidak dapat memindahkan data di perangkat lama? Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 memiliki fitur Smart Switch yang dapat memindahkan data, mulai dari gambar hingga percakapan WhatsApp, dari smartpone lama Anda selama Anda memenuhi persyaratan berikut:

  1. Aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1 atau yang lebih tinggi pada perangkat baru Anda
  2. WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau yang lebih tinggi pada perangkat lama Anda
  3. WhatsApp Android versi 2.21.16.20 atau yang lebih tinggi pada perangkat baru Anda
  4. Kabel USB-C ke Lightning (atau adaptor yang setara)
  5. Menggunakan nomor telepon yang sama seperti yang digunakan pada perangkat lama.
  6. Perangkat Android baru Anda harus baru dari pabrik atau dikembalikan ke setelan pabrik.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut Anda dapat memindahkan data WhatsApp dari smartphone lama ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, baik itu dari perangkat berbasis Android non Samsung maupun iOS, pengguna cukup mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

  1. Aktifkan aplikasi Smart Switch di Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3. Pastikan perangkat lama dan baru telah tersambung. Untuk perangkat Android non Samsung, pengguna bisa menghubungkannya secara wireless atau dengan kabel USB. Untuk perangkat iOS, pengguna bisa menghubungkannya dengan kabel USB-C to Lightning
  2. Masuk ke aplikasi WhatsApp pada Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3
  3. Pindai QR Code di aplikasi WhatsApp di Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3 menggunakan perangkat lama
  4. Konfirmasi untuk memulai pemindahan data pada perangkat lama
  5. Ikuti prosesnya sampai selesai, pastikan kedua perangkat menyala sepanjang pemindahan data
  6. Selesaikan pengalihan data dengan cek aplikasi WhatsApp di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Infografis Samsung Smart Switch

Smart Switch pun memungkinkan pengguna untuk mentransfer data-data penting lainnya seperti kontak, notes, foto, video, hingga bookmark di aplikasi browser saat berganti smartphone dari perangkat berbasis iOS, Windows, maupun sesama Android ke Samsung Galaxy. Kemudahan ini semakin lengkap karena Smart Switch bisa didapat secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memindahkan history whatsapp dari perangkat berbasis iOS anda ke android silahkan kunjungi web berikut: https://faq.whatsapp.com/general/chats/how-to-migrate-your-whatsapp-data-from-iphone-to-a-samsung-phone

Selvia juga menambahkan, “Selain memastikan data-data penting pengguna di smartphone lama tetap terjaga, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga menawarkan pengalaman smartphone lipat terbarukan yang andal. Hal ini diwujudkan dengan menyempurnakan form factor dan software pada smartphone untuk kemampuan multitasking terdepan demi produktivitas yang lebih efisien hingga kapabilitas dalam membuat konten yang lebih maksimal untuk diunggah di media sosial.”