LINE Tarik Sticker dan Konten LGBT di Indonesia

464
Contoh Sticker LGBT milik LINE
Contoh Sticker LGBT milik LINE | Foto: LINE

Teknologi.info – Mendapat banyak kecaman dari penggunanya, LINE Indonesia segera menanggapi perihal sticker bertema LGBT (Lesb1an, G4y, Bis3ksual dan Tr4nsgender) yang ada pada aplikasi chat LINE.

“LINE Indonesia sangat menghormati saran dari seluruh pengguna serta pihak-pihak lain yang terlibat mengenai produk dan fitur yang ada pada aplikasi kami. Pihak LINE sangat sadar bahwa topik LGBT ini sangat sensitif di Indonesia,” ucap Teddy Arifianto selaku Kepala Hubungan Publik LINE Indonesia seperti yang diberitakan oleh inet.detik.com, Rabu kemarin (10/2/2016).

Lebih jauh, Teddy juga menjelaskan bahwa LINE mengacu pada aturan global dalam memfilter konten sensitif dari pandangan budaya dan adat-istiadat lokal.

“Pihak LINE Indonesia memiliki komitmen agar LINE menjadi aplikasi yang bisa dinikmati semua kalangan dengan rasa nyaman. Pihaknya juga telah mengkoordinasikan dalam polemik stiker LGBT ini dan menariknya dari market Indonesia,” tambah Teddy.

LINE Indonesia mulai menarik stiker kontroversial tersebut per hari Rabu (10/2/2016) serta dijadwalkan dalam minggu ini sudah tidak ada lagi stiker berteme LGBT di aplikasinya. Teddy juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah menjelaskan perihal kebijakan LINE Indonesia kepada para perancang stiker-stiker tersebut dan para desainernya pun memahami kejadian seperti ini. Kasus ini akan menjadi bahan pembelajaran untuk LINE Indonesia untuk lebih peka dan bijaksana pada kearifan budaya lokal.

“Selaku perusahaan berskala Internasional, LINE selalu berupaya untuk netral tanpa diskriminasi. Akan tetapi, kasus LGBT di Indonesia adalah pengecualian karena masing-masing negara memiliki kearifan lokal tersendiri sehingga harus menjadi perhatian khusus,” tutupnya.

Comments