Tahun 2016 Ini, Sambut 10 Gadget Keren dan Cerdas Buatan Startup

Share:

Teknologi.info – Dalam tahun 2016 ini banyak bermunculan berbagai gadget dengan menampilkan kreativitas, kecerdasan hingga keunikannya. Pembuat gadget dimulai dari yang memiliki nama besar seperti Samsung dan Apple hingga startup (perusahaan pemula) juga membuat gadget. Bagi startup, gadget yang mereka tawarkan memiliki harga yang murah daripada brand besar. Oleh karena itu, berikut ini adalah 10 gadget buatan startup.

Activeon Solar X

Activeon Solar X

Activeon Solar X

Gadget ini berfungsi sebagai action camera dengan mempunyai kemampuan mengambil video (shooting video) 4K atau Full HD. Kamera ini dilengkapi layar LCD 2 inci untuk menampilkan menu. Kamera ini hebatnya sumber tenaga tidak berasal dari listrik, tapi dari cahaya matahari. Hal itu ditaruh pada dua buah panel solar untuk menambah daya dari matahari.

Sehingga dengan kemampuan tersebut, bisa melakukan shooting dalam waktu lama. Kamera juga tersedia mode Burst Speed Charging. Mode tersebut bisa mengisi ulang baterai dengan waktu singkat. Menurut pembuatnya dalam waktu 30 menit baterai terisi 70%. Untuk penyimpanan hasil dari kamera bisa menggunakan layanan Activeon Cloud.

DietSensor Scio

DietSensor SCIO

DietSensor SCIO

Gadget ini memudahkan mengetahui kandungan gizi pada makanan yang mau dimakan. Caranya scan gadget tersebut pada makanan yang dikonsumsi, lalu aplikasi pada smartphone yang sudah terhubung dengan gadget akan mengirimkan informasinya.

Aplikasi tersebut akan menampilkan informasi berupa data tentang makanan seperti kandungan protein, lemak, karbohidrat, gizi hingga kalori. Dilengkapi juga saran dan informasi penting dalam konsumsi makanan. Gadget yang berukuran kecil mudah dibawa kemana saja. Sedangkan aplikasinya gratis, tapi berbayar jika ingin membeli daftar informasi makanan yang lengkap.

Drone Onagofly

Drone Onagofly

Drone Onagofly

Drone yang dibuat ini memudahkan pengoperasian multiroto alias drone berukuran besar. Sehingga mudah juga digunakan dan tidak butuh pilot, apalagi dengan ukuran kecil tapi mampu membawa kamera 15 MP.

Drone ini mempunyai cara kerja yaitu lakukan pengaturan dulu terhadap smartphone menggunakan aplikasi. Sehingga drone ketika berjalan akan mengikuti kemana saja gerakan objek. Berat drone ini hanya 140 gram dengan baterai daya tahan terbang selama 15 menit.

Livestream Movi

Livestream Movi

Livestream Movi

Gadget ini mengikuti tren terkini live streaming video dengan mengenalkan kamera kecilnya. Dengan penempatan kamera pada posisi yang baik, kamera akan merekam dengan sudut jangkauan sampai 150 derajat.

Spesifikasinya adalah kamera memiliki sensor Sony 4K dengan resolusi 12,4 MP dan codec video H264. Berat kamera hanya 130 gram, tampilan video rasio 16:9 dengan kualitas 4K. Jaringan pada kamera digunakan Wi-Fi dan Bluetooth.

Kamera ini memiliki sertifikasi IPX4. Untuk menonton dari kamera menggunakan aplikasi yang baru tersedia untuk smarphone iOS di App Store.

Netatmo Presence

Netatmo Presence

Netatmo Presence

Gadget ini menggabungkan lampu teras rumah dengan kamera CCTV serta integrasi terhadap smartphone melalui aplikasi. Sehingga pemilik rumah dapat melihat video yang direkam kamera melalui aplikasi di smartphone. Video bisa berupa rekaman dan siaran langsung yang disimpan ke penyimpanan cloud.

Selain itu, gadget mempunya keunggulan yaitu algoritma pada sistem dimana kamera akan mengetahui tiga objek berbeda yang ditangkap. Tiga objek tersebut dibedakan adalah orang, kendaraan atau binatang. Ketika hari memulai malam atau gelap, otomatis lampu ini akan menyala, dan pagi hari lampu mati dengan sendirinya.

Noke

Noke

Noke

Pengguna menggunakan gadget berbentuk gembok kunci ini akan memudahkan penguncian yang terhubung pada aplikasinya. Dengan menggunakan aplikasi pada smartphone, pengguna bisa mengunci atau membuka kunci pada loker, sepeda, pagar, kandang dan bagasi.

Aplikasi Noke sudah tersedia di Android Google Play Store dan iOS App Store. Melalui aplikasi, pengguna bisa melakukan pengaturan yang terintegrasi pada gembok yang berisi komponen dan chip. Gembok baru tersedia berbagai jenis.

Phonotonic

Phonotonic

Phonotonic

Gadget yang berbentuk bola-bola berwarna-warni ini seperti lauchpad untuk memainkan instrument. Di dalam bola terdapat komponen dan sensor yang diteruskan ke aplikasi di smartphone atau tablet untuk mengerjakan. Dimana setiap gerakan pada bola akan menghasilkan suara, apalagi dengan gerakan yang berbeda akan mengeluarkan nada yang berbeda.

Ketika gerakan-gerakan pada bola yang menghasilkan suara dan nada disatukan akan menjadi susunan lagu. Bola yang digunakan untuk bermain bisa lebih dari satu atau dua bola. Aplikasi untuk Phonotonic sendiri sudah tersedia di Android Google Play Store dan iOS App Store.

Prizm

Prizm

Prizm

Gadget yang berbentuk prisma bekerja seperti otak, dengan koneksi ke speaker atau perangkat audi Hi-Fi. Gadget akan melakukan streaming lagu-lagu favorit menjadi playlist untuk didengarkan oleh pengguna. Memang Prizm adalah pemutar audio, tapi dibuat lebih pintar dari pemutar musik biasa. Pengguna akan dipilihkan oleh Prizm lagu-lagu yang disukai, dan pengguna tetap bisa mengontrol pemakaiannya dengan smartphone.

Lagu-lagu yang diputar oleh Prizm dapat disimpan di SoundCloud. Jadi, suatu saat ingin diputar tinggal akses kesana. Pada Prizm terdapat gambar berbentuk hati untuk digunakan sebagai tombol yang berfungsi memutar lagu-lagu playlist, dan gambar tanda silang untuk matikan atau melewati lagu.

Sensorwake

Sensorwake

Sensorwake

Gadget yang menggabungkan jam meja dengan pengharum ruangan. Sehingga selain mengingatkan pengguna terhadap waktu juga memberikan kesegaran pada ruangan dengan bau atau aroma yang dikeluarkannya.

Gadget dengan harga sekitar $100 menjadi pembicaraan di ajang CES 2016. Jika membeli mendapatkan tiga kotak aroma berbeda. Pilihannya yang diberikan ada cokelat, espresso, croissant, peppermint, sampai bau mint. Untuk kotak aroma dibuat dalam litter box sehingga bisa dilepas atau dipasang.

Withings Go

Withings Go

Withings Go

Gadget yang membantu pengguna mengetahui sejauh mana program olahraganya berhasil atau tidak. Yaitu dengan gadget bernama Withings Go yang terkoneksi dengan aplikasinya. Gadgetnya dapat dibeli dengan harga $70 dan aplikasinya gratis.

Tahun 2016 Ini, Sambut 10 Gadget Keren dan Cerdas Buatan Startup | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar