Update Opera untuk PC Dilengkapi Fitur Blokir Iklan

1135
Opera, Fitur Blokir Iklan, Adblocker
Opera dengan Fitur Blokir Iklan

Teknologi. Info – Kabar terbaru didapatkan dari browser Opera yaitu melakukan update terbaru bagi pengguna versi developer. Update tersebut adalah yaitu menambahkan fitur blokir iklan sehingga pengguna tidak mendapatkan gangguan selama melakukan kegiatan berselancar di dunia maya.

Fitur blokir iklan ini telah dibuat langsung alias built-in oleh tim Opera. Dulunya, pengguna Opera harus memasang fitur blokir iklan tersebut berupa plug-in atau extension (aplikasi tambahan) sehingga bisa menghilangkan iklan dari website dikunjungi.

Karena Opera sudah mengintegrasikan fitur terbarunya blokir iklan di browser, maka Opera merupakan salah satu browser di Personal Computer (PC) yang pertama melakukannya. Untuk mengaktfikan fitur diberikan pilihan dalam opsi dialog.

Selain itu, ditambahkan juga alat ukur untuk menampilkan hasil dampak iklan dan perangkat pelacak di suatu halaman terhadap kecepatan waktu loading. Plus, pengguna dapat memantau seberapa banyak jumlah iklan yang sudah berhasil diblokir.

Dengan fitur blokir iklan, Opera klaim browser mampu percepat waktu loading sebuah website hingga 90% dibandingkan dengan fitur ini tidak aktif. Teknologi blokir iklan pada Opera yang terintegrasi pun juga memberikan pengalaman lebih pengguna melakukan browsing lebih cepat 40% daripada pakai aplikasi tambahan.

Hal itu diperkuat dikarenakan fitur blokir iklan bawaan Opera mampu memfilter iklan dari level web engine, sehingga browser memiliki kontrol penuh akan proses loading suatu halaman website. Sedangkan aplikasi pihak ketiga tidak dapat melakukan seperti itu.

Alasan Opera memasang fitur ini pada browser-nya, berdasarkan riset bahwa jumlah pengguna fitur blokir iklan meningkat. Untuk seluruh dunia meningkat hingga 41% dan 48% di Amerika Serikat dari Q2 tahun 2014 hingga Q2 tahun 2015. Sedangkan 98% pengguna fitur blokir iklan adalah pemakai PC.

Menurut SVP of Engineering and Head of Opera for Computers, Krystian Kolondra mengatakan bahwa, “Iklan memang menghidupkan internet, memungkinkan banyak layanan bisa disediakan secara gratis untuk pengguna. Tapi, sebagaimana ditunjukkan riset terbaru kami, kebanyakan halaman web saat ini secara signifikan diperlambat oleh banyaknya iklan dan tracking.”

Krystian menambahkan, “Kami tidak bisa menerima hal itu. Kami ingin internet menjadi tempat yang lebih baik bagi kita semua sebagai pengguna.”

Opera pun mempertegas untuk menggunakan fitur blokir iklan seperti yang dikatakan Krystian, “Tumbuhnya permintaan terhadap ad-blocker menunjukkan bahwa pendekatan iklan online saat ini justru merusak pengalaman online pengguna. Iklan mengganggu kegiatan browsing, memperlambat kerja komputer, dan di Opera, kami ingin memperbaikinya.”

Advertisements