Beranda » Internet » Bitcoin Turun Drastis di Bawah level 400 juta rupiah di tengah Krisis Crypto dan Kerugian Terra

Bitcoin Turun Drastis di Bawah level 400 juta rupiah di tengah Krisis Crypto dan Kerugian Terra

Teknologi.info – Bitcoin turun di bawah level $27.000 (sekitar kurang lebih 400jutaan rupiah per 1 bitcoin) karena aksi jual di dunia CryptoCurrency berlanjut hingga masiv-nya penurunan yang terjadi, hashtag #cryptocrash pun menjadi trending topic di Twitter.

Harga Bitcoin terakhir turun hampir 9 persen menjadi $26.848,20 (390jutaan rupiah) pada hari Kamis, menurut data dari Coin Metrics.

Penurunan tajam terjadi setelah Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan harga konsumen untuk April lebih tinggi dari yang diharapkan, menyebabkan investor menjual aset berisiko seperti CryptoCurrency. Sementara itu, harga Ether turun lebih dari 23%.

Pasar mata uang kripto berada di bawah tekanan, terutama sejak awal minggu. Bitcoin jatuh ke level terendah sejak Januari pada hari Senin karena merosotnya pasar ekuitas terus merugikan mata uang kripto, yang saat ini diperdagangkan sejalan dengan apa yang disebut aset berisiko seperti saham teknologi.

Bitcoin sempat turun di bawah level $30.000 pada Senin malam, melampaui level terendah Januari di $32.951. Terakhir kali Bitcoin diperdagangkan di bawah level itu pada Juli 2021.

Pada hari Selasa, terlihat “membaik” tetapi hanya sedikit menjadi $ 31.491, menurut CoinMarketCap.

Investor juga ketakutan oleh Terra. Stablecoin TerraUSD jatuh keseluruhan pada satu titik minggu ini dan kehilangan patokan $1 terhadap dolar. Pada Kamis pagi, UST diperdagangkan sekitar 62 sen, jauh di bawah patokan $1.

Grafik Terra terhadap - IDR (LUNA - IDR)Koin saudara Terra, Luna, hari ini turun secara kacau 98.8% karena stablecoin algoritmiknya UST dipatok dari USD dan jatuh ke level $0.06 (per tulisan ini dibuat). Stablecoin algoritmik dimaksudkan untuk didukung oleh beberapa aset digital seperti Bitcoin.

Sementara itu, platform kontrak pintar Solana dan Avalanche turun hampir 40 persen.

Pasar mata uang kripto juga berada di bawah tekanan sejak Nasdaq yang sarat teknologi turun 1,5 persen minggu lalu dan telah kehilangan 22 persen tahun ini karena kecemasan yang meningkat di sekitar inflasi dan jika Federal Reserve dapat menurunkan harga tanpa memicu resesi.

Bagaimana dengan Anda? Bertahan atau Lepas?

Photo of author
Penulis
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.