Apple Buat Kacamata Pintar Augmented Reality, Siap Kolaborasi dengan Carl Zeiss

120
Ilustrasi Kacamata Pintar
Ilustrasi Kacamata Pintar (sumber: What'sMovingIndia.com)

Teknologi.infoAugmented Reality (AR) adalah teknologi gabungan informasi digital dengan lingkungan pemakai secara langsung. Jadinya, ketika digunakan lingkungan sekitar tetap ada ditambah ada informasi untuk melengkapi, tidak dibuat 3D seperti Virtual Reality (VR).

Tren penggunaan AR pada berbagai perangkat telah dilakukan oleh merek-merek ternama. Termasuk Apple yang dikabarkan berkolaborasi dengan Carl Zeiss AG, perusahaan lensa dan optik terkenal di dunia dari Jerman.

Kerjasama antara Apple dan Carl Zeiss berupa pembuatan kacamata dengan teknologi AR. Nantinya perangkat ini akan menantang kacamata AR milik Snap Inc bernama Spectacles. Informasi ini didapatkan dari blogger bernama Robert Scoble lewat akun Facebooknya.

Scoble tahu info ini dari seorang staf Carl Zeis. Kacamata pintar ungkap Scoble akan dikenalkan pertengahan tahun ini, karena prototipenya sudah jadi. Kacamata ini terhubung secara nirkabel dengan perangkat iPhone dan menampilkan informasi (gambar) kepada penggunanya.

Ketertarikan Apple terhadap AR pernah diutarakan sang CEO, Tim Cook tahun lalu. Semula Tim tidak menyebut AR sebagai bisnis inti Apple tapi hanya menganggap sebagai bisnis yang berkembang pesat. Namun, Tim pun meralat dengan menyebutkan Apple akan fokus dengan teknologi AR dan menjadikannya sebagai bisnis utama di masa depan.

“Kami sedang menggarap banyak hal (dengan AR). Kami juga telah berinvestasi banyak dalam hal ini (AR). Kami berharap tinggi pada AR di masa depan kami,” ungkap Tim Cook dikutip dari The Washington Post.

Advertisements