Kompetisi Startup dari Telkomsel The NextDev Kunjungi Banjarmasin

332
Ilustrasi Smart City
Ilustrasi Smart City (sumber: website The NextDev)

Teknologi.info – Sukses dengan ajang NextDev di tahun 2015, Telkomsel kembali menggelar untuk tahun ini dengan tantangan yang lebih seru. Finalis tahun sebelumnya dengan aplikasi mereka dapat diterapkan di berbagai kota yang sedang menggalakkan Smart City.

NextDev sendiri adalah kompetisi pembuatan aplikasi teknologi, baik berupa website maupun mobile yang dibuat anak muda Indonesia untuk kreatif dan produktif dalam membantu pemecahan masalah yang dihadapi kota dan kabupaten di Indonesia.

Misi utama dari kompetisi ialah membantu terwujudnya Smart City di area perkotaan Indonesia dengan mengintegrasikan teknologi dalam segala aspek termasuk pemerintahan, penduduk, kesehatan, pendidikan dan transportasi.

Adanya NextDev sebagai kompetisi juga membentuk ekosistem untuk menghubungkan berbagai pemangku kepentingan. NextDev dapat memfasilitasi pemerintah untuk berinteraksi dengan anak muda lokal, dan sebaliknya NextDev juga memfasilitasi pengembangan kompetensi dari generasi muda dengan aplikasinya.

Telkomsel sendiri mempunyai definisi terhadap Smart City sebagai konsep pemanfaatan teknologi dari berbagai pilar untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk kota dan daerah sekitarnya dengan tetap menjaga kesetaraan sosial.

Ada 4 pilar yang dibuat Telkomsel dalam konsep Smart City-nya yaitu sebagai berikut :

  • Smart Economy ialah mendorong roda perekonomian kota secara sustainable
  • Smart Governance ialah pengelolaan kota yang terintegrasi dan saling bersinergi
  • Smart Environment ialah memiliki lingkungan kota yang sehat dan asri
  • Smart Living ialah menyediakan kemudahan dan kenyamanan dalam hidup di kota

Dari keempat pilar itu terdapat inisiatif digital yang bisa dibuat yaitu E-Agriculture, E-Maritime, E-UKM, E-Government, E-Energy, E-Health, E-Education, E-Transportation, dan E-Tourism.

Melalui NextDev 2016, Telkomsel memberikan tempat bagi mahasiswa atau masyarakat untuk berkontribusi dengan memberikan tiga peran utama. Ketiga peran utama itu adalah sebagai berikut:

  • Smart Solution yaitu menghasilkan teknologi yang mampu menyelesaikan masalah perkotaan di Indonesia
  • Smart Innovation yaitu memberikan dampak positif dengan pemecahan masalah di Indonesia secara kreatif
  • Smart Community yaitu menjadi roda penggerak bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan inovasi di bidang teknologi aplikasi

Dari ketiga hal tersebut, Telkomsel berharap dapat mendorong terbentuknya Smart City sesuai definisi mereka dan mewujudkan semangat NextDev yaitu “Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia”.

Roadshow di Kota Banjarmasin

Semenjak dibukanya NextDev untuk tahun 2016 pada bulan Mei lalu, Telkomsel melakukan roadshow di 20 kota dari bulan Juni hingga September. Kota-kota tersebut adalah Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Malang, Banyuwangi, Surabaya, Bogor, Bandung, Jakarta, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Makassar, Gorontalo, Manado, Ambon, Banjarmasin, Samarinda dan Pontianak.

Dalam The NextDev 2016 Roadshow di Banjarmasin akan dilaksanakan pada hari Kamis, 15 September 2016. Dimulai dari jam 09.000 sampai dengan 15.00 WITA, bertempat di Gedung Aula Politeknik Negeri Banjarmasin, Jalan Brigjen H. Hasan Basry, Pangeran Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123.

Roadshow tersebut akan diisi tiga acara utama yaitu Startup Talk oleh Rahmat Danu Andhika dari Head of Business Partner Bukalapak, Sharing Session oleh finalis The NextDev 2015 dan Rocket Pitching dimana anda diberi kesempatan selama 3 menit untuk mempresentasikan produk startup kamu.

Poster The NextDev Roadshow di Banjarmasin
Poster The NextDev Roadshow di Banjarmasin

Bagi anda yang berminat untuk mengikuti The NextDev 2016 Roadshow Banjarmasin, silahkan mendaftar melalui form online di http://thenextdev.id/banjarmasin/. Acara yang anda ikuti tidak memungut biaya alias gratis, dan akan mendapatkan merchandise, doorprize berupa smartphone, makan siang hingga e-certificate.

Informasi resmi tentang keseluruhan kompetisi The NextDev dari Telkomsel ini dapat dilihat di website. Atau mengikuti social media mereka di Facebook, Twitter, Youtube dan Aplikasi Android.

Advertisements