Google Kontrak HTC 3 Tahun untuk Membuat Nexus

432
Produk HTC dan Google pertama di 2010
Produk HTC dan Google pertama di 2010

Teknologi.info – Google diberitakan mengandeng HTC vendor smartphone dari Taiwan untuk membuat ponsel pintar Nexus untuk 3 tahun ke depan.

Seperti dikutip dari Slashgear Kamis kemarin (10/03/2016), HTC diberitakan sudah menyepakati bentuk kerjasama dengan raksasa teknologi Google untuk mengembangkan dan membangun ponsel cerdas seri Nexus terbaru. Di tahun 2016 ini, HTC disebut-sebut akan merilis 2 seri Nexus.

Nexus adalah merek dagang Google untuk smartphone. HTC bukan yang pertama kali bekerjasama dengan Google. HTC pernah membuat Nexus One di 2010 dan seri tablet bernama Nexus 9. HTC dan Google menuai pujian dan kesuksesan kala itu. Mungkin ini salah satu alasan Google kembali menunjuk HTC untuk proyek Nexus terbarunya.

Berita ini santer terdengar pertama kali di Weibo; sebuah media sosial dari Tiongkok. Belum ada spesifikasi terperinci tentang varian Nexus terbaru nantinya. Namun, kuat dugaan akan mengusung layar 5 dan 5.5 inci.

Di samping HTC, Google juga mengajak beberapa perusahaan terkenal lain dalam pengembangan Nexus ini, diantaranya Asus, Huawei, Motorola, LG hingga Samsung. Desember 2015 yang lalu, LG merilis varian Nexus 4, 5 dan 5x. Tidak ketinggalan Asus yang juga merilis Nexus 7. Dengan masuknya HTC, pasar smartphone Android akan semakin bergairah.

Yang menarik, HTC dikabarkan akan memasang 3D Touch Feature di Nexus terbarunya nanti. Seperti diketahui bersama, 3D Touch dipopulerkan pertama kali oleh Apple dengan iPhone 6S-nya. Kemudian setelahnya baru Oppo, Meizu dan HTC juga membuat fitur sejenis.

Meski demikian, Google-lah yang menginginkan fitur 3D Touch hadir di Nexus teranyar. Google ingin fitur ini menjadi ujung tombak OS Android; tidak hanya punya iOS saja. Dengan hadirnya 3D Touch di Android, tentu akan semakin mempermudah user dalam menggunakan smartphone Nexus terbaru nanti. Google terlihat tidak mau tertinggal setelah Nexus tidak memiliki fitur finger print (sensor sidik jari). Maka dari itu, agar tidak tertinggal semakin jauh, Google mencoba menerapkan fitur 3D Touch di sistem operasi Android, dan tahap awal akan disematkan di HTC Google Nexus terbaru nanti.

Advertisements