Microsoft akan Hadirkan Cloud Gaming Platform-nya ke PC dan iOS

Perkiraan realisasi di musim semi tahun depan (September 2021)

311
xbox cloud gaming indonesia

Teknologi.info – Microsoft mengumumkan dalam posting blog hari ini bahwa platform cloud gaming dengan Xbox Game Pass Ultimate akan hadir di iOS dan PC pada musim semi 2021.

Microsoft sebelumnya mengumumkan pada bulan Oktober bahwa mereka sedang mengerjakan game cloud Xbox ke PC dan iOS. Ini mempersingkat pengujian Project xCloud di iOS pada bulan Agustus; pada saat itu, Microsoft mengatakan bahwa kebijakan App Store Apple-lah yang menyebabkannya tidak bisa menghadirkan layanan cloud gaming-nya di iOS. Akan tetapi, di berita terbaru mereka, sepertinya bukan menjadi masalah lagi karena Microsoft akan dapat menyediakan layanannya melalui browser Safari; alih-alih melalui App Store iOS.

“Kami akan mengambil langkah selanjutnya dalam perjalanan kami untuk menjangkau lebih banyak pemain di seluruh dunia dengan membuat game cloud sebagai bagian dari Xbox Game Pass Ultimate tersedia di PC Windows melalui aplikasi dan browser Xbox, dan perangkat iOS melalui browser web seluler,”
Jerret West, CVP dari Microsoft Gaming.

Saat ini, game cloud melalui ekosistem Microsoft hanya kompatibel dengan ponsel Android melalui aplikasi seluler Xbox Game Pass, yang tersedia dari Google Play dan Samsung Galaxy Store. Saat ini terdapat 193 game Xbox dan PC yang dapat dimainkan melalui cloud, termasuk game seperti Control, Destiny 2, Forza Horizon 4, serta Halo Master Chief Collection.

Layanan game cloud Xbox ketika pertama kali dirilis memang mendapat sambutan yang positif dari para reviewer bahkan ada yang mengatakan jika layanan Xbox Cloud Gaming mendekati sempurna, dan jauh lebih halus daripada Stadia (Cloud Gaming milik Google) saat diluncurkan.

Microsoft juga meluncurkan layanan cloud gaming-nya di Australia, Brasil, Jepang, dan Meksiko untuk pertama kalinya. Microsoft baru-baru ini memulai program pratinjau Project xCloud terbatas di lokasi tersebut.

Akan menarik untuk melihat bagaimana game cloud Xbox dibandingkan dengan layanan streaming lain di iOS secara khusus. Baik Nvidia dan Google baru-baru ini mengumumkan layanan streaming mereka akan hadir di iOS. GeForce Now sudah tersedia, bersama dengan Amazon Luna. Hadirnya layanan streaming Microsoft di iOS akan menyempurnakan ekosistem cloud gaming — dan keempat perusahaan tersebut dapat melakukannya tanpa memiliki aplikasinya di App Store Apple. GeForce Now, Stadia, Luna, dan Xbox game cloud bisa diakses melalui browser Safari. Inilah cara mereka “menyiasati” aturan Apple tentang pembelian dalam aplikasi dan layanan streaming game.

Memang masih ada yang meragukan ketika kita berbicara tentang cloud gaming, seperti misalnya bandwidth dan penggunaan data, tetapi pengumuman terbaru ini menunjukkan cloud gaming akan tetap ada, apalagi jika layanannya bisa lintas platform/sistem operasi.