Begini Cara Mudah Bikin Foto Bokeh

376
Foto Bokeh, Fotografi, Tips
Contoh Foto Bokeh (Sumber: Shutterstock)

Teknologi.info – Foto bokeh ialah foto menampilkan latar belakang atau background yang blur sehingga memunculkan satu objek utama yang lebih menonjol, keren dan bagus. Cara mendapatkannya melalui teknik pengaturan lensa khusus sehingga hasilnya background blur dengan objek inti yang terlihat jelas, pas dan keren.

Tren dalam dunia fotografi sekarang ini salah satunya foto bokeh. Foto ini biasanya digunakan untuk mengambil objek manusia dengan menonjolkannya dalam foto tersebut. Dalam mendapatkan foto bokeh perlu teknik khusus, perlunya latihan dan trik yang jtu agar memotret foto jadi bagus.

  • Pastikan Lensa Optik yang Terbaik
    Hasil foto bokeh yang sempurna dipengaruhi dengan kualitas lensa, semakin bagus optik pada lensa, maka hasil foto juga sempurna. Lensa yang digunakan juga tidak luput dari pengaturan maksimal. Seperti ukuran lensa 18-20 mm maka focal length maksimal f5.6, sedangkan 70-200 mm maka focal length f2.8.
  • Pakai Lensa Prime untuk Potret Gambar
    Lensa prime digunakan untuk memotret foto bokeh yang bagus dan sempurna. Dengan lensa ini focal length yang dipakai lebih besar dan aperture juga besar. Karena lensa prime adalah focal length tunggal yang tidak bisa di-zoom.
  • Pakai Focal Length yang terpanjang
    Menggunakan focal length yang terpanjang, maka objek yang dipotret akan semakin terpisah jauh dengan latar belakangnya. Membuat efek bokeh menjadi sempurna.
  • Atur Aperture yang Besar
    Saat mengambil foto untuk efek bokeh, jangan langsung dari kamera tapi dari pengaturan lensa. Untuk itu pastikan pengaturan aperture menjadi mode priority kemudian pada f ubahlah menjadi paling kecil. Cara merubah dengan memutar ring aperture secara berlawanan dengan jarum jam, yang sendirinya depth of field akan dangkal.
  • Objek dan Kamera Jaraknya dipersempit
    Semakin dekat objek yang difoto dengan kamera, maka efek background yang blur akan semakin tampak jelas. Konsep digunakan untuk dicoba yaitu taruh jari telunjuk didepan sebuah objek berupa benda. Terus pandangi jari telunjuk dengan mata yang fokus dan perlahan dekatkan jari telunjuk ke mata. Hasilnya background berupa benda tadi akan terlihat semakin blur.
  • Objek dan Background berjauhan
    Tempatkan objek menjauhi background yang akan dibuat blur. Semakin jauh jaraknya, maka efek blur pada background semakin bagus.
  • Teliti dan Terus Berlatih
    Teknik foto bokeh perlu ketelitian dan kesabaran. Karena akan mencoba berkali-kali supaya mendapatkan foto bokeh yang sempurna. Terus berlatih dan gunakan perangkat kamera serta lensa sehingga hasil sesuai yang diinginkan.
Advertisements