Matahari Department Store Hadir Dalam Bentuk Online Dengan Nama MatahariStore.com

73
Tampilan MatahariStore.com, Platform Online dari Matahari Department Store
Tampilan MatahariStore.com, Platform Online dari Matahari Department Store

Teknologi.info – Dikenal sebagai toko retail fashion terbesar di Indonesia yang selalu ada di mall-mall kota besar seluruh Indonesia. Matahari Department Store (MDS) kembali hadir dengan strategi untuk meningkatkan potensi pendapatan dengan berbagai channel, salah satunya meluncurkan platform online dengan nama MatahariStore.com.

Peluncuran platform online ini yang dilakukan pada hari Rabu, 9 November 2016, MDS ingin memperluas basis pelanggan dengan memanfaatkan tingginya pengguna internet di Indonesia, apalagi mereka yang ingin belanja produk fashion.

Christian Kurnia sebagai Director of Merchandising and Marketing MDS dalam pernyataannya, “Selama ini, MDS sudah dikenal konsumen dan menjadi pemain retail terbesar di Indonesia. Hampir rata-rata masyarakat Indonesia mengenal MDS. Peluncuran MatahariStore.com merupakan bentuk komitmen MDS untuk memperluas pangsa pasar ditambah fenomena e-Commerce semakin booming di Indonesia.”

Sebelumnya, pihak MDS sudah mempunya 148 toko di 68 kota di Indonesia dan melakukan studi bahwa masih dibutuhkan 400 toko fisi di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada produk fashion. Hal itu masih terbatas pada infrastruktur mall dan sumber daya manusia.

“Peluncuran MatahariStore.com merupakan bentuk komitmen MDS untuk memperluas pangsa pasar ditambah fenomena e-Commerce semakin booming di Indonesia. MDS tidak bisa menjangkau semua kota dan kabupaten di Indonesia karena keterbatasan infrastruktur mall dan SDM, solusi satu-satunnya agar semua masyarakat Indonesia bisa merasakan pengalaman belanja di MDS adalah melalui MatahariStore.com,” ujar Christian.

Bagi masyarakat yang belum terjangkau toko fisik dari Matahari, maka hadirlah MatahariStore.com sebagai kesempatan mereka untuk mendapatkan produk fashion yang diinginkan. Produk yang dijual didukung merek berkualitas termasuk private label eksklusif serta loyalty program.

Saat Peluncuran dan Konferensi Pers MatahariStore.com di Jakarta
Saat Peluncuran dan Konferensi Pers MatahariStore.com di Jakarta

Didukung MatahariMall.com

Semua hal operasional seperti teknologi dan infrastruktur yang digunakan oleh MatahariStore.com didukung oleh MatahariMall.com yaitu perusahaan e-Commerce milik Lippo Group juga yang sudah diluncurkan pada 2015.

“Paling penting memperkenalkan kepada konsumen bahwa MDS sudah main di online. untuk distribusi dan operasi, MatahariStore.com dibantu MatahariMall.com yang merupakan situs e-Commerce terbesar di Indonesia,” ujar Christian dikutip dari Berita Satu.

Tim dari MatahariMall.com akan menangani alur transaksi mulai dari tampilan/konten produk, pembayaran dan pengiriman barang sampai ke pembeli. Hadi Wenas sebagai CEO MatahariMall menjelaskan, “Kolaborasi antara MatahariMall.com dan MatahariStore.com menjadi sinergi yang berkualitas antara kedua perusahaan dibawah Lippo Group.”

Strategi Omni-Channel

Adanya Matahari versi online membuat target konsumen yang diincar adalah anak muda yang suka fashion dengan harga terjangkau apalagi promo yang menggiurkan.

Strategi yang dilakukan MDS dengan MatahariStore.com ini disebut Omni-Channel yaitu menyediakan layanan offline dan online melalui retail untuk memenuhi kebutuhan belanja konsumen di bidang fashion.

“Kami membuat MatahariStore.com ini sebagai perpanjangan tangan MDS dalam menjangkau pasar yang lebih luas untuk memenuhi kebutuhan fashion mereka. Kami ingin menjadi pemain Omni-Channel Retailer yaitu fokus di offline dan fokus di online, dua-duanya harus jalan,” ungkap Christian.

Hadi sendiri menganggap hadirnya MatahariStore.com tidak menggangu MatahariMall.com. karena fokus yang dijual berbeda, dimana MatahariMall.com produk yang dijual lebih banyak jenisnya dan MatahariStore.com hanya pada fashion.