2020 adalah Tahun Terbaik bagi YouTube Gaming!

Konten game di YouTube meningkat dua kali lipat sejak 2018. Lebih dari 100 miliar jam telah ditonton.

242
2020 YouTube Gaming
Gambar: Blog Youtube

Teknologi.info – Game tetap menjadi salah satu pilar hiburan online yang paling dominan, dan statistik YouTube tahun 2020 sangat jelas memperlihatkan hal tersebut. Menurut Head of Gaming YouTube Ryan Wyatt, pengguna menonton 100 miliar jam konten game di platform Youtube tahun 2020 ini; 2x lipat dari jumlah jam yang ditonton pada tahun 2018. Youtube juga menerbitkan posting blog pada hari Selasa kemarin yang berisikan informasi terkait pencapaian Youtube Gaming pada tahun 2020.

Dari 100 miliar jam, 10 miliar jam-nya adalah hasil dari siaran langsung (live streaming) di  YouTube Gaming. Ini merupakan pertanda kuat bahwa situs milik Google sedang menjadi pesaing terberat bagi platform Twitch milik Amazon.

Wyatt memiliki beberapa statistik menarik lainnya untuk dibagikan. Misalnya, Minecraft adalah game yang paling banyak ditonton di semua YouTube dengan selisih yang cukup besar, yakni dengan lebih dari 200 miliar views live streaming Minecraft dan video yang diupload tahun ini. Game yang paling banyak ditonton berikutnya di platform ini adalah Roblox dengan 75 miliar views, dan lima teratas dibulatkan oleh mobile battle royale Garena Free Fire (72 miliar), Grand Theft Auto V (70 miliar), dan Fortnite (67 milyar).

YouTube mengatakan sekarang memiliki lebih dari 40 juta channel game aktif, dan 80.000 channel mencapai 100.000 subsriber tahun ini. Lebih dari 1.000 channel memecahkan 5 juta subsriber pada tahun 2020, sementara lebih dari 350 channel mencapai 10 juta subsriber.

“Pembuat konten (Content Creator) telah melihat peningkatan besar dalam jumlah subscriber, viewers, dan audience sepanjang tahun 2020. Salah satu contoh pertumbuhan yang luar biasa di tahun 2020 adalah pembuat konten Minecraft yang mengalami lonjakan langganan saluran dari 1 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 13 juta pada bulan Oktober di tahun yang sama” – blog YouTube.

Salah satu alasan mengapa konten game kemungkinan melonjak pada tahun 2020 adalah pandemi virus korona. Kami belum memiliki statistik untuk Facebook Gaming atau Twitch, tetapi tidak mengherankan jika kedua pesaing tersebut juga melaporkan peningkatan jumlah pengguna dan penonton.

Bahkan, Indonesia juga menjadi salah satu event dengan penyumbang penonton terbanyak pada kategori Live Streaming, yakni Mobile Legends Bang Bang Indonesia Grand Finals. (pertandingan 5 match langsung antara Team RRQ dengan Team Alter Ego; yang dimenangkan oleh Team RRQ).