Apple Umumkan Headphone Peredam Bising AirPods Max seharga $549

Headphone yang telah lama diperbincangkan. Di Amerika akan tersedia mulai 15 Desember 2020

779

Teknologi.info – Ternyata Apple memiliki satu lagi pengumuman sebelum tahun 2020 berakhir: setelah berbulan-bulan beredar rumornya, Apple hari ini meluncurkan headphone peredam bising miliknya sendiri. Mereka menyebutnya AirPods Max, dan hadir dengan desain premium yang diharapkan dari headphone andalan Apple. AirPods Max dibanderol dengan harga $549 dan akan mulai dijual pada 15 Desember 2020. Preorder dimulai hari ini di Amerika Serikat.

AirPods Max tersedia dalam lima warna: space grey, silver, biru langit, hijau, dan merah muda. Headphone premium ini menampilkan apa yang disebut Apple sebagai “Custom Acoustic Design” dengan sistem driver 40mm yang memberikan bass yang kaya dan dalam, rentang menengah yang akurat, dan ekstensi frekuensi tinggi yang jernih sehingga setiap nada dapat didengar.

Apple telah menghadirkan sejumlah fitur di debut AirPods perdananya ini seperti EQ adaptif, mode transparansi, audio spasial, dan berbagi audio. Bahkan ada elemen dari Apple Watch – Digital Crown – yang telah hadir di headphone ini. Ada juga tombol “kontrol bising” terpisah untuk beralih antara mode peredam bising dan transparansi.

“AirPods Max menawarkan kontrol volume yang tepat dan kemampuan untuk memutar atau menjeda audio, skip trek, menjawab atau mengakhiri panggilan telepon, serta mengaktifkan Siri.”
– Apple

AirPods Max menawarkan masa pakai baterai hingga 20 jam dan mengisi daya melalui konektor Lightning Apple – bukan USB-C (Apple memiliki kabel Lightning ke 3,5 mm seharga $ 35 yang dijual terpisah). Jika Anda sedang terburu-buru, pengisian daya selama lima menit memberi Anda waktu pemutaran selama 90 menit. Headphone secara otomatis menjeda audio saat dilepas dari telinga Anda dan melanjutkan pemutaran saat Anda menyalakannya kembali. Wow…

AirPods Max Smart Case | Gambar: Apple

Ada juga “casing pintar” untuk AirPods Max yang secara otomatis menempatkannya dalam status daya rendah. Sayangnya, tampaknya Apple tidak menjual casing berbahan keras yang lebih protektif untuk saat ini.

Mirip dengan pendekatan dari Bose, Sony, dan lainnya, sistem peredam bising Apple menghasilkan anti bising untuk meredam suara eksternal dengan menggunakan enam mikrofon yang menghadap ke luar. Dua mikrofon yang menghadap ke dalam mengukur apa yang Anda dengar untuk menghilangkan gangguan tambahan. Apple juga mengklaim AirPods Max bekerja dengan baik untuk panggilan suara (bahkan dalam kondisi berangin) dengan mikrofon beam forming bawaan.

Apple AirPods Max Pink
Gambar: Apple

Dengan masuknya Apple ke segmen headphone premium, Apple akan langsung bersaing dengan merek-merek besar lainnya seperti Bose, Sony, Sennheiser, AKG dan lain-lain yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dan memiliki daftar panjang produk yang sudah dipasarkan. Meski demikian, harga miliki Apple lebih tinggi dari hampir semua dari merek yang disebutkan sebelumnya. Pintarnya Apple adalah, mereka menggunakan momentum AirPods dan AirPods Pro, yang telah mendominasi pasar earbud nirkabel sebelumnya.

Apakah kualitas suara AirPods Max sesuai dengan harganya?

Dengan harga yang lebih murah, Anda bisa mendapatkan Sony 1000XM4, yang mendukung LDAC, codec audio nirkabel yang tidak terlalu jauh dari kualitas CD. Tidak ada padanan untuk ini di iPhone dan Apple Music. Akan tetapi, Apple telah memanfaatkan sinergi antara perangkatnya yang lain dengan memperkenalkan fitur-fitur seperti peralihan perangkat otomatis – AirPods Max, AirPods, dan produk Beats tertentu dapat beralih antara iPhone, Mac, dan iPad berdasarkan perangkat mana pun yang Anda gunakan saat itu. Dan, dalam kasus AirPods Max dan Pro, kemampuan yang disebut audio spasial yang mereplikasi pengalaman suara surround yang imersif saat menonton film dan acara TV di iPhone atau iPad akan lebih terasa.

Awal Desember adalah waktu akhir tahun yang luar biasa bagi Apple untuk memperkenalkan produk baru. Berita hari ini diberitahukan minggu lalu oleh MacRumors, yang melaporkan bahwa Apple telah mengirimkan memo ke penyedia layanan resmi tentang perubahan yang akan segera terjadi pada AppleCare. Sejak itu, headphone lah yang diprediksi sebagai kandidat produk yang paling mungkin dirilis. Dan hari ini, memang terbukti rumor tersebut.

Bagaimana pengguna Apple di Tanah Air? Sudah siap merogoh kocek? Asal jangan kantong teman aja yang dirogoh, ya? 😀