Mengikuti Apple, Apakah Samsung juga akan Menjual Produknya Tanpa Charger?

214
Samsung 45W Fast Charger

Teknologi.info – Tidak lama setelah iPhone 12 diluncurkan tanpa adaptor daya (charger), Samsung membuat postingan iklan yang “menyindir” Apple karena tidak menyertakan aksesori pengisian daya.

postingan Samsung tentang charger iphone 12
Postingan Samsung tentang charger iphone 12 di akun Samsung Caribbean sepertinya sudah dihapus

Namun, tidak perlu menunggu lama, kabarnya Samsung juga akan berencana untuk tidak menyertakan adaptor daya di smartphone generasi berikutnya.

Saat ini sudah tidak ada lagi posting yang “menyindir” Apple tersebut.

Rumor pada bulan Juni dan Oktober menyebutkan perangkat Galaxy S21 yang akan datang tidak akan menyertakan adaptor daya atau headphone di dalam kotak pembelian. Hal ini diketahui dari ANATEL (Brazilian Regulatory Agency) oleh Tecnoblog ketika proses persetujuan penjualan model smartphone Galaxy baru. Dokumentasi yang ada memiliki sedikit detail tentang perangkat baru tersebut, tetapi terlihat menegaskan bahwa tidak ada charger ataupun headphone dari 3 smartphone baru yang akan dijual nantinya.

Dengan melepas adaptor daya dan headphone, Samsung akan mengikuti jejak Apple. Tidak ada seri ‌iPhone 12‌ yang dilengkapi dengan adaptor daya atau EarPods di dalam kotak, sebagai gantinya, yang diterima pembeli hanyalah kabel USB-C Lightning. Apple mengatakan bahwa aksesori dihilangkan karena alasan lingkungan, tetapi ada spekulasi yang menyarankan Apple menghilangkan adaptor daya dan EarPods untuk memangkas biaya karena biaya chip 5G yang digunakan pada iPhone baru.

Samsung juga mungkin berencana untuk berhenti menjual headphone dan adaptor daya bersama smartphone Galaxy baru untuk menghemat uang lalu kemudian menawarkan aksesori sebagai pembelian terpisah seperti yang dilakukan Apple.

Di masa lalu, Samsung juga pernah menyinggung desain dan keputusan Apple sebelum akhirnya Samsung juga melakukan hal yang sama persis. Masih ingat kehebohan ketika Apple menghilangkan jack headphone 3,mm dari ‌iPhone‌ 7 di tahun 2016? Nah, Samsung mengolok-olok iPhone dengan iklannya hingga saat Samsung akhirnya turut menghilangkan jack audio headphone dari Galaxy S8. hihihi…

Ponsel pintar Samsung yang baru diharapkan akan rilis pada Januari 2021 dengan modul kamera baru berupa empat kamera belakang, baterai berkapasitas lebih besar, chip lebih cepat, dan lainnya.

Jadi, apakah benar Samsung nanti tidak akan menyertakan charger dan headphone? Kita lihat saja bersama.