10 Bidang Freelancer yang Paling Dicari dengan Permintaan Tinggi di Pasar

177
Pekerjaan Freelancer yang Paling Banyak dicari
Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa keterampilan freelancer yang paling banyak dicari di pasaran?

Teknologi.infoFreelancer atau pekerja lepas semakin ke sini semakin berubah dan terus berkembang. Keberadaannya sebagai tenaga outsourcing juga sudah menjadi sesuatu yang umum. Yang menarik, tingginya permintaan tenaga freelancer yang berbanding terbalik dengan rendahnya pasokan outsourcing menghasilkan kompensasi yang bagus. Sehingga, jika Anda memiliki salah satu keterampilan di bawah ini dan mempertimbangkan untuk terjun ke dunia freelance, kemungkinan besar Anda akan menemukan beberapa pekerjaan yang cukup bagus dengan gaji menarik.

1. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)

Keterampilan teknis ini menempati urutan teratas pada daftar ini. Hal ini dikarenakan meningkatnya permintaan serta popularitas speaker yang diaktifkan dengan suara seperti Amazon Echo, Google Home, dan sekarang Apple’s HomePod, raksasa teknologi berebut untuk menemukan freelancer yang bisa membantu mereka untuk semakin menyempurnakan suara yang ada.

2. Social Media Marketing
Ada masa freelancer bagian pemasaran selalu diminati. Akan tetapi, kebanyakan perusahaan saat ini juga membutuhkan mereka yang paham dalam pemasaran di media sosial (Social Media Marketing/Optimisation). Sehingga, sekarang hampir setiap merek/brand memiliki minimal satu akun di media sosial mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, hingga ke platform lokal masing-masing negara (seperti VK di Rusia atau Naver di Korea). Jika Anda merasa memahami strategi sosial terbaik, bidang nomor 2 ini mungkin untuk Anda.

3. Desain
Bidang ini adalah salah satu bidang paling hot dalam beberapa tahun terakhir, dengan banyak sub-niche seperti desain website, desain UX/UI, desain produk, desain merek, dan lain-lain. Perancang dengan keterampilan membuat website, logo, dan brosur tidak akan pernah kekurangan pekerjaan. Tapi perhatikan juga untuk niche sub desain baru, kita ambil contoh desain 3 Dimensi (3D).

4. Pembuat Konten (Content Creation)
Di dunia pemasaran, konten adalah yang utama sehingga tidak heran jika Google saja menyebut “Content is King“. Suatu brand perlu terus-menerus mempublikasikan informasi yang bermanfaat dan relevan dengan produknya. Publikasi ini bisa melalui blog, whitepapers, eBook dan banyak lagi. Dan umumnya jarang seringkali ada perusahaan atau brand yang memiliki divisi khusus untuk pembuatan konten publikasi ini. Sehingga, bagi yang memiliki pengalaman menulis atau mempunyai passion dalam hal publikasi, Content Creator adalah peluang yang cukup menjanjikan.

5. Pemrograman (Programming)
Jika Anda merupakan seorang ahli di bidang teknologi khusunya pemprograman, Anda tidak akan kekurangan kesempatan dalam mendapatkan peluang di sini. Saat ini, bahasa pemprograman yang paling banyak digunakan adalah MySQL, PHP, R, dan Swift.

6. Akuntansi
Jika Anda memiliki pengalaman dalam platform perangkat lunak akuntansi terpopuler seperti QuickBooks, Freshbooks, dan Sage, serta bisa memberikan saran kepada klien Anda mengenai strategi perpajakan, maka sebutan akuntan freelance bisa menjadi pintu rezeki tambahan. Di Amerika, permintaan freelancer untuk akuntansi meningkat jika telah memasuki musim pelaporan pajak. Meski demikian, profesi ini bukanlah musiman, sepanjang tahun tetap ada saja yang mencari keahlian ini.

7. Pelatihan (Coaching)
Kita hidup di dunia di mana orang ingin belajar bagaimana membantu diri mereka sendiri. Dengan maraknya industri pelatihan saat ini membuktikan bahwa ini adalah salah satu model usaha yang patut diperhitungkan. Jika Anda memiliki keterampilan untuk melihat masalah dan menemukan solusi terbaik untuk itu, ini bisa menjadi ladang yang menguntungkan bagi Anda; Terlebih jika Anda telah memiliki sertifikasi pelatihan.

8. Terjemahan
Bisa berbicara dengan bahasa lain selain bahasa Indonesia? Mengapa tidak ingin menjadi penerjemah profesional saja? Sebagai penerjemah lepas? Industri bisnis, medis, dan hukum memiliki permintaan yang tinggi akan ketersediaan penerjemah, terutama mereka yang bisa menerjemahkan bahasa China, Hongkong, Spanyol, Jepang, Korea hingga Arab.

9. Administrative Support
Banyak perusahaan yang kini telah beralih dari mempekerjakakan sekretaris full time ke asisten administrasi dengan bantuan freelancer. Beberapa malah bekerja dari jarak jauh (remote). Jika Anda sangat terorganisir dan memiliki pengalaman mengelola jadwal, membuat pengaturan perjalanan, dan mengawasi staf, ada banyak kesempatan untuk Anda di bidang ini.

10. Layanan Pelanggan (Customer Service/CS)
Bidang lain di mana freelancer berkembang pesat adalah layanan pelanggan. Apakah Anda terhubung dengan pelanggan melalui telepon, obrolan, email, atau media sosial, Anda dapat memberikan layanan yang sangat dibutuhkan bagi perusahaan yang tidak ingin mempekerjakan staf layanan pelanggan secara internal. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah disposisi cerah dan sedikit pengetahuan teknis untuk menggunakan perangkat lunak.

Sepuluh bidang di atas hanya beberapa contoh saja. Masih ada dan banyak lagi yang lainnya, seperti:

  1. UX (User Experience), Memiliki situs web yang mudah dan menyenangkan bagi pelanggan/user menjadi salah satu faktor yang bisa membantu kesuksesan sebuah perusahaan. Lapangan pekerjaan untuk orang yang ahli UX semakin meningkat dalam permintaan untuk pekerja lepas.
  2. Pengembangan Aplikasi (App Development), Pastikan untuk terus mengikuti perkembangan tools dan berita terbaru sehingga Anda bisa mengalahkan persaingan di bidang ini.
  3. Voiceover, Punya suara yang bagus? Yuk jadi artis pengisi suara. Anda akan terkejut berapa banyak peluang yang ada, untuk suara video game, pembacaan audiobook, instruksi e-learning, dan banyak lagi. Asiknya, pekerjaan macam ini bisa dilakukan dari studio rumah Anda sendiri atau tergantung kesepakatan dengan klien.

Jadilah yang Ahli untuk Bidang yang Anda Pilih

Semakin spesifik bidang keahlian Anda, semakin banyak bisnis yang akan Anda dapatkan. Seolah terlihat berlawanan dengan intuisi yang hanya berfokus pada industri atau keterampilan tertentu, namun Anda dengan cepat akan meningkatkan pengalaman Anda nantinya, sehingga skill Anda akan lebih menarik lagi bagi calon klien. Jika nama Anda sudah dikenal di dunia freelancer karena kerapian dan ketekunan Anda, berarti Anda harus siap-siap untuk menerima lebih banyak rekomendasi bisnis dari mantan-mantan klien yang pernah bekerja dengan Anda.

Advertisements