Manfaatkan Gerhana Matahari Total, Dua Perusahaan Telekomunikasi Ini Pamerkan Layanan 4G LTE

314
Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total

Teknologi.info – Hari ini Rabu, 9 Maret 2015 bertepatan dengan libur besar Hari Raya Nyepi, Indonesia juga mendapati fenomena alam yang langka yaitu Gerhana Matahari. Fenomena Gerhana Matahari Total yang terjadi di Indonesia menyedot perhatian publik dengan difasilitasi pemerintahan dan swasta menggelar berbagai acara mulai dari Shalat Gerhana Berjamaah hingga pekan wisata.

Hal ini juga tidak menyurutkan langkah dua perusahaan besar telekomunikasi di Indonesia untuk berperan, yaitu XL Axiata dan Telkomsel. Dengan memanfaatkan momen Gerhana Matahari Total yang terjadi pada hari ini, maka kedua perusahaan tersebut berlomba untuk meningkatkan dan menunjukkan layanan 4G Long Term Evolution( LTE) mereka kepada pelanggannya.

XL Axiata Resmikan 4G LTE di Belitung

Salah satu lokasi yang dilintasi Gerhana Matahari Total adalah Belitung. Memanfaatkan fenomena langka tersebut, XL Axiata meresmikan layanan jaringan 4G LTE di Belitung bersama Bupati Belitung H. Sahani Saleh.

Dikutip dari Viva.co.id, pernyataan dari Presiden Direktur XL Dian Siswari bahwa implementasi 4G LTE di Belitung merupakan cara perusahaannya dalam merespon Belitung sebagai destinasi wisata nasional unggulan.

Dian menambahkan pemilhan Belitung sebagai daerah prioritas untuk layanan XL karena apresiasi besar masyarakat terhadap mereka. Saat ini di Belitung, pengguna XL mencapai 85%.

XL menempatkan 10 Base Transceiver Station (BTS) di daerah Tanjung Pandan, Tanjung Binga, Tanjung Tinggi, dan Manggar di wilayah Belitung Timur sebagai langkah awal mereka. Selain itu, juga mereka mempermudah penggantian kartu SIM lama ke kartu SIM 4G dengan menawarkan bonus kuota internet.

Untuk didaerah lain, XL juga melakukukan optimasi jaringan untuk kebutuhan masyarakat ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total. Daeah yang terlintas sudah terlayani dengan jaringan 3G, bahkan ada yang sudah 4G LTE.

Telkomsel Mengalami Lonjakan Trafik

Telkomsel mengabarkan bahwa mengalami lonjakan trafik pada layanan data saat Gerhana Matahari Total di Belitung sebanyak 387% dibandingkan hari biasa. Lokasi kenaikan layanan data palingg tinggi terjadi di Pantai Kelayang dan Tanjung Tinggi.

Seperti dikutip dari detikINET, Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi menyebutkan bahwa, “ Jaringan kami sukses mengawal peristiwa Gerhana Matahari Total di Belitung dengan amat baik. Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dan pelanggan tetap bisa menikmati layanan 4G  Telkomsel dengan kualitas terbaik, sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di lokasi-lokasi yang dipadati oleh wisatawan.”

Peningkatan trafik dengan tidak memunculkan masalah telah dilakukan Telkomsel sejak awal melalui perencanaan yang matang demi menjaga pengalaman terbaik pelanggan saat Gerhana Matahari Total.

Langkah Telkomsel sesuai dengan program broadband superiority yang dicanangkan sebelumnya dengan nama True Broadband Experience. Program tersebut mempunyai fokus utama yaitu mengoptimalkan kualitas jaringan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan data Telkomsel.

Telkomsel juga mencatat peningkatan terhadap aktivitas layanan jarak jauh (roamers) di Belitung yang mengalami kenaikan 44%. Pelanggan yang melakukan layanan ini kebanyakan dari wisatawan mancanegara asal Malaysia, Singapura, Tiongkok dan Amerika Serikat.

Untuk internet lancar di Belitung, Telkomsel mendirikan secara khusus 15 Base Transceiver Station (BTS) sehingga bisa melakukan aktivitas digital dengan nyaman.