28.6 C
Banjarmasin
Jumat, April 19, 2024

PANDI: Domain .ID Mendapatkan Jumlah Pengguna Lebih 200 Ribu

Teknologi.info – PANDI sebagai Pengelola Nama Domain Internet Indonesia yang berekstensi .ID mengungkapkan data bahwa jumlah domain aktif sudah menembus angka 200 ribu domain. Angka tersebut adalah jumlah domain aktif yang didaftarkan sejak domain .ID mulai dipergunakan 23 tahun yang lalu.

Andi Budimansyah sebagai Ketua PANDI gembira atas tercapainya berupa 200 ribu domain .ID terdaftar. “Pencapaian ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin mengenal domain .ID yang merupakan domain internetnya. Ini kado ulang tahun Republik Indonesia ke-71,” ujar Andi.

Domain .ID yang tersedia oleh PANDI adalah domain apapun.id untuk domain tingkat tinggi .ID tanpa tambahan apapun di depannya, contohnya iqbal.id. Selain itu ada domain tingkat dua yaitu co.id, web.id, sch.id, or.id, my.id, ac.id, go.id, desa.id, biz.id, net.id, mil.id dan ponpes.id.

Domain tingkat dua co.id untuk perusahaan menjadi yang terbanyak digunakan. “Ada peningkatan 10 ribu nama domain co.id sejak awal tahun. Ini menggembirakan karena di negara lain, pertumbuhan domain tingkat dua biasanya mengalami stagnasi saat domain tingkat tinggi dirilis. Peningkatan ini menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan masyarakat pengguna internet pada domain co.id,” kata Andi.

Pertumbuhan tertinggi terjadi pada domain tinggi apapun.id. Sejak diluncurkan domain apapun.id, jumlah domain ini meningkat kepemilikannya. “Jumlah domain .ID saat ini bertambah 47 ribu dari awal tahun. Dari 47 ribu itu, 37 ribu di antaranya berasal dari kenaikan jumlah domain apapun.id,” ucap Andi.

Jumlah Domain Internet Indonesia
Jumlah Domain Internet Indonesia

Faktor lain bertumbuhnya kepemilikan domain .ID yaitu adanya program 1 Juta Domain dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Tujuan dari program ini untuk menumbuhkan sejuta website dengan domain .ID dan hosting di Indonesia. Sasaran utama program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), juga termasuk sekolah, pondok pesantren, desa dan komunitas.

“Meski sudah dirancang sejak tahun silam, program 1 Juta Domain baru benar-benar dimulai pada pertengahan Mei 2016. Kami optimis, program Kemenkominfo yang didukung banyak pihak akan semakin meningkatkan pengguna domain .ID di triwulan terakhir 2016 ini. Kita lihat saja hasilnya di akhir tahun,” ucap Andi.

Mohammad Iqbal Al Ghifari
Mohammad Iqbal Al Ghifari
Suka tentang dunia Teknologi, terutama Startup bidang IT. Konten saya yang tulis seputar startup, aplikasi (baik mobile maupun desktop), hingga review.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?