BEKRAF Rilis Program BEKUP Untuk Calon Startup di Indonesia

138
BEKRAF For StartUp
BEKRAF For StartUp

Teknologi.info – Pada tanggal 3 Juni 2016 di Jakarta tepatnya Digital Innovation Lounge (DILO), Menara Multimedia. Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia merilis program dengan nama BEKRAF For StartUp (BEKUP). BEKRAF menggandeng Telkom dan Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) untuk menjalankan program tersebut.

Rilis tersebut juga sekaligus dilakukan di 10 kota bersamaan dengan video conference. Kota tersebut adalah Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Malang, Medan, Bogor, Bandung, Surabaya, Depnasar, dan Makassar.

Kerjasama dengan Telkom dan MIKTI sebagai penyedia fasilitas seperti DILO dalam mengadakan workshop atau penghubung dengan komunitas terkait. Sedangkan tahapan BEKUP yaitu Pre-Incubation, Mapping & Program Design, Talent Development, dan Founder Preparation.

Program BEKUP ini dirancang khusus untuk mematangkan integrasi ekosistem startup dari hulu sampai ke hilir. Yang dimatangkan adalah calon-calon sumber daya manusia (SDM) yang akan berkiprah membangun startup di Indonesia.

Dengan BEKUP, calon pendiri startup akan mempelajari berbagai keahlian dari mentor untuk berhasil startupnya berjalan. Startup yang dibidik untuk mengikuti adalah digital seperti aplikasi, game, animasi, desain, dan mode.

Dalam program ini telah dijalankan workshop yang akan diadakan di DILO yang terletak di berbagai kota seperti Jakarta, Medan, Pekanbaru, Depok, Tangerang, Bekas, Bogor, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar. Ada dua workshop yaitu workshop Basic Management for Startup dan workshop “Membuat Aplikasi Android untuk Pemula”.

DILO atau Digital Innovation Lounge pada program BEKUP merupakan creative camp yang dikembangkan oleh MIKTI bekerja sama dengan Telkom, tempat ini sebagai pusat interaksi peminat dan pelaku industri kreatif digital yang bertujuan menciptakan bibit-bibit digitalpreneur yang selanjutnya siap masuk ke industri kreatif.

Target dari BEKRAF dengan adanya program ini di tahun 2016 yaitu terlaksana di 14 kota dengan 12 topik kursus, 100 mentor, 1200 talent dan 100 tim yang siap jadi startup. Untuk lebih lengkapnya tentang progam ini bisa cek website di http://bekup.id/ dan Twitter : @bekup_id.

Advertisements