Perkenalkan Data Center Baru Kerjasama Indosat Ooredoo dan Lintasarta

1080
Indosat Ooredoo, Lintasarta, Disaster Recovery Center 3, Data Center
Indosat Ooredoo dan Lintasarta Luncurkan Disaster Recovery Center 3 (sumber: Selular.id)

Teknologi.info – Pada hari Rabu, 6 April 2016 Indosat Ooredoo dan Lintasarta meresmikan peluncuran layanan pusat data atau data center untuk memenuhi kebutuhan pelaku bisnis dengan sertifikasi internasional. Nama data center tersebut adalah Disaster Recovery Center (DRC) 3 yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta.

Tempat DRC 3 dengan luas 6.000 m2 mempunyai banyak keunggulan, seperti ditunjang 2 perusahaan listrik yaitu PLN dan Jasa Tirta II untuk meningkatkan kemampuan dan jaminan layanan jika mengalami gangguan listrik.

Data Center ini juga diletakkan di lokasi yang aman dari bencana dibandingkan kota Jakarta, karena Jatiluhur menurut peta BMKG berada pada zona 3 dimana berwarna hijau. Yang artinya aman dari gempa bumi dan ketinggian lokasi berada 139 meter di atas permukaan laut sehingga bebas dari banjir.

Pemilihan lokasi Jatiluhur selain menghindarkan resiko bencana atau dampak bencana dari Jakarta, juga dekat dengan Jakarta sekitar 90 kilometer. Banyak akses yang dapat ditempuh yaitu jalan tol, helikopter karena ada helipad disana dan kereta api. Termasuk juga adanya jaringan fiber optik dari Puwakarta ke Jakarta dan Bandung.

Dukungan sumber daya manusia dengan standar internasional dan fasilitas kerja yang luas dan nyaman sehingga memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Data center ini juga memberikan kemampuan layanan seperti collocation, network dan managed service dengan model bisnis berupa sewa.

Sertifikasi internasional yang dimiliki adalah ISO 9001:2008, ISO 27000:2013, ISO 14000:2013, ISO 20000-1:2011 dan sertifikasi OHSAS 18001:2007.

Dengan adanya DRC 3 ini Indosat Ooredoo mantap sebagai penyedia layanan data center bagi perusahaan untuk mendukung kebutuhan data center dalam dua tahun kedepan. Karena akan banyak perusahaan-perusahaan luar negeri berbasis IT seperti Facebook yang menyimpan data-datanya di dalam negeri  berkaitan dengan PP No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaran Sistem dan Transaksi Elektronik.

Advertisements