XL Kembangkan Layanan Internet of Things (IoT) Melalui 3 Produk

976
XL, IoT, Internet of Things
XL luncurkan produk IoT

Teknologi.infoInternet of Things (IoT) semakin diminati berbagai kalangan termasuk korporasi. XL Axiata mencuri start dengan mengenalkan layanan di bisnis bidang IoT melalui 3 produk yang dikembangkan pada tahun 2016. Ketiga produk tersebut adalah Yubox, Savvy Smarthome, dan Smartcity.

Yubox adalah solusi koneksi internet WiFi dengan tambahan berupa musik, video, games, serta aplikasi yang dapat diakses secara gratis. Penyediaan koneksi ini tersedia pada transportasi yang bergerak seperti kereta api, bis, dan taksi. Selain untuk kepuasan pelanggan, Yubox juga memberikan keuntungan bagi pengiklan karena kita mengakses, pelanggan akan menonton iklan dulu. Untuk uji coba Yubox sedang bekerjasama dengan GrabCar.

Savvy Smarthome adalah solusi untuk menjadi rumah pintar bagi pemilik untuk memonitor keadaan rumah supaya lebih aman dan nyaman. Teknologi yang digunakan adalah sensor-sensor yang terhubung  pada aplikasi seperti saat pemilik meninggalkan rumah dan ada yang mencurigakan maka aplikasi memberikan peringatan. Produk ini sedang di uji coba di Apartemen Bassura City dan The Residence at Synthesis Square.

Smartcity adalah solusi dengan platform untuk pemerintah daerah dan warga di sebuah kota/kabupaten Indonesia. Yang mempermudah dalam akses informasi seputar kebijakan dan peraturan dari pemerintah mengenai berbagai sektor sehingga tercapainya partisipasi publik untuk kebutuhan. Dengan produk ini dapat membuat kerja pemerintah dan masyarakat menjadi efektif dan efisien.

Untuk Smartcity akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap kota/kabupaten. Penerapan produk ini pun digunakan pada kota Yogyakarta, Balikpapan, Lombok dan Banjarmasin. Smartcity disiapkan berbagai modul secara bertahap, seperti Smart Government, Smart Community dan Smart Energy.

Dalam mencapai kesuksesan layanan IoT, XL berprinsip platform yang dibuat harus baik untuk memberikan solusi yang terhubung berbagai teknologi yang dimiliki seperti perangkat keras (sensor dll) dan perangkat lunak (aplikasi).
XL menggunakan layanan IoT untuk memberikan efisiensi dan efektif demi meningkatkan produktivitas pada bisnis penggunanya. Untuk teknologi yang diterapkan pada IoT digunakan layanan internet cepat 4G/LTE yang sudah diluncurkan oleh XL.

XL melaporkan dalam kuartal pertama tahun 2016, layanan IoT ini memiliki sekitar 650 ribu pelanggan. Dengan menargetkan 200 ribu pelanggan tambahan hingga akhir tahun ini. Untuk pelanggan kebanyakan dari kalangan bisnis sektor otomotif, utility, finansial dan bank. Selain 3 produk diatas, ada 3 produk lain yang ditawarkan seperti Multi Carrier Access (MCA), XLocate, dan Xmart City.