Beranda » Internet » 5 Alasan Penting Fleet Management Dalam Perusahaan

5 Alasan Penting Fleet Management Dalam Perusahaan

Teknologi.info – Penggunaan kendaraan dalam sebuah bisnis merupakan hal yang umum, dimana dengan adanya armada segala bentuk kegiatan akan lebih lancar. Mulai dari produksi sampai dengan pemasaran yang perlu banyak transportasi. Namun sering kali sebuah perusahaan tidak memperhatikan secara baik dari penggunaan motor ataupun mobil operasional. Makanya hal itu menjadi salah satu kesempatan untuk para pegawai nakal memanfaatkan. Jangan salah, jika hal itu dibiarkan pasti akan memberikan kerugian besar pada perusahaan. Untungnya saat ini sudah ada fleet management yang bertujuan untuk mengelola kegiatan armada dalam sebuah perusahaan.

Manajemen fleet berperan penting dalam berbagai kegiatan industri baik itu manufaktur, wholesale, konstruksi ataupun yang lainnya. Dimana pengelolaan yang setengah-setengah dapat memberikan pengaruh buruk terhadap produktifitas sebuah bisnis. Belum lagi masalah profit yang menurun sampai dengan peningkatan biaya perawatan untuk setiap armadanya. Perusahaan sendiri akan lebih sulit menjaga kondisi alat transportasi jika dilakukan secara manual. Inilah tujuannya kenapa dalam perusahaan itu penting melakukan manajemen fleet.

Bagi Anda yang masih merasa tidak penting dan kurang faham, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh antara lain:

  1. Memudahkan Pemantauan Kendaraan Realtime.
    Tidak sedikit perusahaan menggantungkan kegiatan operasi bisnis pada manajemen yang sering disebut fleet itu. Makanya perlu untuk melakukan pengaturan secara baik supaya tidak mengalami keterlambatan saat pengiriman, proyek berjalan dengan lancar sampai kekecewaan pelanggan bisa diminimalisir. Dimana fleet manajemen memudahkan untuk memantau secara real-time baik jarak ataupun informasi lain.
  1. Meningkatkan Keamanan Armada.
    Manfaat fleet management selanjutnya adalah sebagai peningkatan dari armada yang digunakan. Apalagi jika memiliki pengemudi yang tidak mudah dipercaya, kebiasaan buruk, melanggar lalu lintas dan lainnya pemicu resiko tinggi. Semua itu bisa terdeteksi dengan manajemen yang digunakan tersebut, sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan.
  1. Proses Penjadwalan Lebih Mudah Dan Sederhana.
    Pengiriman barang yang sering dilakukan perusahaan menjadi hal yang umum, tidak jarang pula mengalami kendala, rumit dan sebagainya. Namun semua itu bisa diminimalisir dengan adanya aplikasi dalam manajemen fleet sehingga lebih mudah dalam mengelola dan pengaturan jadwal yang ada.
  1. Monitoring Penggunaan Bahan Bakar Mudah.
    Bahan bakar yang menjadi sumber pengeluaran setiap armada cukup besar,. bahkan bisa sampai dengan 60%. Perhitungan dari penggunaan bahan bakar secara manual akan menyulitkan, makanya bisa memanfaatkan manajemen tersebut supaya hasil lebih akurat, efektif dan efisien sehingga menguntungkan.
  1. Perawatan Kendaraan Lebih Maksimal.
    Selain dari bahan bakar, sering sebuah alat transportasi perusahaan mengalami kendala. Supaya tidak terjadi hal itu perlu untuk dilakukan perawatan mesin, service dan lainnya yang rutin. Untungnya dengan manajemen fleet bisa melacak kebutuhan perawatan apa saja diperlukan oleh kendaraan dan penjadwalan lebih mudah untuk service dan lainnya. Bahkan ada software yang memberikan indikator secara otomatis ketika mengalami masalah dan perlu perawatan.

Diatas merupakan gambaran dari fleet management yang bisa memberikan manfaat untuk banyak perusahaan. Maka dari itu pilihlah sistem pengelolaan yang baik memberikan kemudahan dan harga yang sesuai. Umumnya memang manajemen yang satu ini perlu biaya besar diawal namun keuntungan yang didapatkan bisa panjang. Tidak heran jika disebut dengan investasi jangka panjang yang menyelamatkan perusahaan Anda dari kerugian. Salah satunya Telkomsel loT yang bisa membantu Anda dalam manajemen armada perusahaan supaya terhindar dari kerugian dan masalah lain.

Photo of author
Penulis
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.