Ray Tomlinson, Si Penemu Email dan Simbol [email protected] Meninggal Dunia

Share:

Teknologi.info – Salah satu tokoh di bidang teknologi telah tutup usia. Tokoh tersebut adalah Raymond Samuel Tomlinson yang dikenal Ray Tomlinson. Dia adalah pionir pemrograman komputer asal Amerika Serikat yang menemukan email dan menggunakan simbol [email protected] pada email untuk menghubungkan nama pengguna dengan layanan email.

Ray Tomlinson lahir di Amsterdam, New York, Amerika Serikat pada tanggal 23 April 1941. Meninggal pada tanggal 5 Maret 2016 di usia ke-74 tahun. Diduga penyebab kematiannya adalah serangan jantung. Ray pernah bersekolah di Rensselaer Polytechnic Institute dan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Ray saat itu bekerja dengan perusahaan Bolt, Beranek and Newman yang sekarang namanya BBN Technologies. Disana Ray bekerja mengembangkan sistem operasi TENEX termasuk implementasi dari jaringan ARPANET dan TELNET.

Ray membuat sebuah program transfer file yang disebut CPYNET untuk digunakan dalam mentransfer file melalui ARPANET. Lalu dia diminta mengubah sebuah program yang disebut SNDMSG yang berguna untuk mengirim pesan ke pengguna lain. Dia tambahkan kode dari program CPYNET ke SNDMSG sehingga pesan dapat terkirim ke pengguna pada komputer lain. Disitulah email pertama ditemukan.

Format penggunaan email dengan simbol [email protected] dipilih oleh Ray Tomlinson karena itu merupakan simbol yang paling masuk akal digunakan dan tidak menimbulkan ambigu. Sebelumnya menemukan itu Ray mencoba melihat ke keyboard dan mencari sesuatu yang logis untuk digunakan pada email.

Dikutip dari Techinasia Indonesia, penjelasan rinci Ray memilih simbol itu saat ia sedang melihat ke keyboard dan berpikir, “Jika setiap orang menggunakan @ di dalam nama mereka, maka akan terlihat aneh. Buktinya tidak ada satupun yang menggunakan. Orang-orang malah menggunakan karakter koma, garis miring, dan kurung kurawal.”

Selain penggunakan [email protected] di email juga beralasan dalam bahasa Inggris bahwa @ yang dibaca at menunjukkan seseorang berasal dari mana. Berkat kemunculan simbol [email protected] dalam email, akhirnya banyak juga diimplementasikan ke media sosial dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain untuk komunikasi dengan sesama pengguna.

Gmail sebagai penyedia layanan email milik Google juga menyatakan turut berduka cita melalui akun Twitternya atas meninggalnya Ray Tomlinson.

Ray Tomlinson, Si Penemu Email dan Simbol [email protected] Meninggal Dunia | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar