LG Gram 2021 Laptop dengan Prosesor Intel Generasi ke-11

LG mengklaim masa pakai baterai hingga 19 jam.

386
LG Gram 2021 Indonesia

Teknologi.info – LG telah mengumumkan jajaran laptop Gram untuk tahun 2021 yang menampilkan desain baru serta beberapa peningkatan internal. Semuanya ada 5 model. Mereka mencakup 3 tipe clamshells (tipe laptop seperti umumnya meliputi Gram 14, Gram 16, dan Gram 17) serta 2 tipe convertible (yang bisa menjadi seperti tablet yakni Gram 2-in-1 16 dan Gram 2-in-1 14).

LG belum mengubah fitur khas laptop yang berada di jajaran Gram. Laptop LG Gram dikenal sangat ringan (itu sebabnya diberikan nama “Gram”). Gram 17 hanya seberat 1,35 kg, berat yang sama dengan versi sebelumnya. Sangat jarang laptop 17 inci memiliki berat di bawah 1,36 kg. Gram 16 hanya 1,18 kg, sedangkan Gram 14 memiliki berat 0.99 kg saja!

LG Gram 17 Putih
LG Gram 17 Putih

Fitur hebat lainnya dari Gram 17 versi 2020 yang masih ada di model 2021 adalah layar 16:10. Hal ini menawarkan lebih banyak ruang vertikal daripada layar panel 16:9 yang banyak diadopsi laptop saat ini. Selain itu, LG mengatakan model clamshell baru memiliki “desain bezel ramping empat sisi” baru yang mencapai rasio layar-ke-bodi hingga 90%. Seperti yang terlihat dari foto-foto yang disediakan LG, bezelnya terlihat cukup kecil, yang memberikan kesan modern dan bagus. LG juga mengatakan keyboard dan touchpad telah diperbesar untuk kenyamanan dan efisiensi.

LG Gram 17 Hitam
LG Gram 17 Hitam

Peningkatan paling signifikan ada di bagian dalam. Semua laptop Gram baru memiliki prosesor Intel Core Generasi ke-11 dan hadir dengan grafis Iris Xe atau grafis UHD. Semua model juga disertifikasi melalui program Intel Evo berupa badge Intel yang dimaksudkan untuk menyatakan bahwa laptop bisa mendapatkan setidaknya sembilan jam masa pakai baterai, waktu wakeup dari mode sleep dengan cepat, dan fitur lainnya.

LG mengklaim bahwa baterainya mampu bertahan hingga 19,5 jam pada seri Gram 17, Gram 16, dan 16 2-in-1. Jika berkaca dari versi 2020, yang mana banyak para tester memberikan review yang menakjubkan terkait ketahanan baterainya, bisa jadi versi 2021 ini juga akan lebih baik mengingat sudah menggunakan prosesor Intel generasi terbaru juga. LG sepertinya tahu apa yang harus dilakukan dalam hal efisiensi.

“Bersinonim dengan portabilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kinerja kelas satu, LG Gram terus meningkatkan standar untuk pasar laptop ultra-ringan dan ramping. Dengan desain yang lebih ramping, lebih halus, dan tampilan rasio aspek 16:10 sambil mempertahankan bobotnya yang ringan, jajaran LG gram terbaru kami memberi konsumen kemampuan untuk menikmati produktivitas yang lebih baik dan pengalaman menonton yang lebih imersif ke mana pun mereka pergi.”
Jang Ik-hwan, wakil presiden senior LG dan kepala unit bisnis TI

Mengenai harga dan ketersediaan di Indonesia, kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak LG.