PayPal Luncurkan Layanan Baru untuk Cryptocurrency

132

Teknologi.info – Hari ini, 21 Oktober 2020 di San Jose, California, PayPal meluncurkan layanan baru mereka yang memungkinkan pengguna membeli (Buy), menahan (Hold), dan Menjual (Sell) Cryptocurrency.

Akan memungkinkan cryptocurrency sebagai sumber pendanaan untuk perdagangan digital di 26 juta pedagangnya. Menerima Bitlicense bersyarat dari Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York.

Migrasi menuju pembayaran digital dan representasi nilai digital terus meningkat, didorong oleh pandemi COVID-19 dan meningkatnya minat terhadap mata uang digital dari bank sentral dan konsumen. PayPal Holdings, Inc. (NASDAQ: PYPL) hari ini mengumumkan peluncuran layanan baru yang memungkinkan pelanggannya membeli, menahan, dan menjual mata uang kripto langsung dari akun PayPal mereka, dan mengisyaratkan rencananya untuk meningkatkan utilitas mata uang kripto secara signifikan dengan membuatnya tersedia sebagai pendanaan sumber pembelian di 26 juta pedagangnya di seluruh dunia.

paypal

Penggunaan cryptocurrency secara “tradisional” sebagai alat tukar terhalang karena volatilitas, biaya dan kecepatan untuk bertransaksi. Akan tetapi, platform teknologi canggih ini menawarkan kemungkinan mata uang digital menjadi sesuatu yang “umum”. Menurut survei Bank for International Settlements, satu dari 10 bank sentral – mewakili sekitar seperlima dari populasi dunia – memperkirakan akan menerbitkan mata uang digital mereka sendiri dalam 3 tahun ke depan.

“Pergeseran ke bentuk mata uang digital tidak bisa dihindari, membawa serta keuntungan yang jelas dalam hal inklusi dan akses keuangan; efisiensi, kecepatan dan ketahanan sistem pembayaran; dan kemampuan pemerintah untuk menyalurkan dana kepada warga dengan cepat. Jangkauan global kami, keahlian pembayaran digital, jaringan dua sisi, dan kontrol keamanan dan kepatuhan yang ketat memberi kami kesempatan, dan tanggung jawab, untuk membantu memfasilitasi pemahaman, penebusan, dan interoperabilitas dari instrumen pertukaran baru ini. Kami sangat ingin bekerja dengan bank sentral dan regulator di seluruh dunia untuk menawarkan dukungan kami, dan memberikan kontribusi yang berarti dalam membentuk peran yang akan dimainkan mata uang digital di masa depan keuangan dan perdagangan global.”
Dan Schulman, Presiden dan CEO PayPal

Membangun Pemahaman dan Adopsi Cryptocurrency

Untuk meningkatkan pemahaman konsumen dan adopsi cryptocurrency, PayPal memperkenalkan kemampuan untuk membeli, menahan, dan menjual cryptocurrency tertentu. Saat ini PayPal sudah mendukung Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash dan Litecoin, langsung di dalam dompet digital PayPal. Layanan ini akan tersedia untuk pemegang akun PayPal di AS dalam beberapa minggu mendatang. PayPal berencana untuk memperluas fitur ke pasar internasional pada paruh pertama 2021. Layanan ini diaktifkan di AS melalui kemitraan dengan Paxos Trust Company, penyedia produk dan layanan cryptocurrency.

PayPal juga telah diberikan Bitlicense bersyarat pertama oleh Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York (NYDFS).

“Persetujuan NYDFS hari ini mengikuti pengumuman Juni 2020 kami untuk kerangka kerja baru untuk Bitlicense bersyarat untuk mendorong, mempromosikan, dan membantu lembaga yang tertarik agar memiliki cara yang diatur dengan baik untuk mengakses pasar mata uang virtual New York dengan cara yang tepat waktu dan melindungi konsumen New York, melalui kemitraan dengan firma mata uang virtual resmi New York. NYDFS akan terus mendorong dan mendukung penyedia layanan keuangan untuk beroperasi, tumbuh, tetap, dan berkembang di New York dan bekerja dengan inovator untuk memungkinkan mereka bertunas dan menguji ide-ide mereka, untuk sektor jasa keuangan yang dinamis dan berwawasan ke depan, terutama saat kami bekerja untuk membangun kembali New York lebih baik di tengah pandemi ini.”
Linda A. Lacewell, pengawas, NYDFS

Sebagai bagian dari peluncuran ini, PayPal juga akan memberikan edukasi untuk membantu mereka memahami ekosistem mata uang kripto, risiko dan peluang yang terkait dengan investasi dalam mata uang kripto, dan informasi tentang teknologi blockchain. Tidak ada biaya layanan saat membeli atau menjual cryptocurrency hingga 31 Desember 2020, dan tidak ada biaya untuk menyimpan/hold cryptocurrency di akun PayPal.

Meningkatkan Utilitas Cryptocurrency dalam Perdagangan Digital

Mulai awal 2021, pelanggan PayPal akan dapat menggunakan kepemilikan cryptocurrency mereka sebagai sumber pendanaan untuk membayar di 26 juta pedagang PayPal di seluruh dunia. Konsumen akan dapat secara instan mengonversi saldo cryptocurrency pilihan mereka ke mata uang fiat, dengan kepastian nilai dan tanpa biaya tambahan.

Para Merchants PayPal tidak akan memiliki integrasi atau biaya tambahan, karena semua transaksi akan diselesaikan dengan mata uang fiat dengan tarif PayPal mereka saat ini. Akibatnya, cryptocurrency hanya menjadi sumber pendanaan lain di dalam dompet digital PayPal, menambahkan utilitas yang ditingkatkan untuk pemegang cryptocurrency, sambil mengatasi kekhawatiran sebelumnya seputar volatilitas, biaya dan kecepatan transaksi berbasis cryptocurrency.

Menjelajahi dan Berinvestasi pada Infrastruktur Layanan Keuangan Generasi Mendatang

Selain menyediakan layanan cryptocurrency yang signifikan ini, PayPal telah mengeksplorasi potensi mata uang digital melalui kemitraan dengan platform cryptocurrency berlisensi dan teregulasi serta dengan bank sentral di seluruh dunia.

Selama lima tahun terakhir, PayPal telah meningkatkan fokus dan sumber dayanya untuk mengeksplorasi infrastruktur layanan keuangan digital generasi berikutnya dan peningkatan perdagangan digital melalui tim riset internal yang berfokus pada blockchain.

Pada 2019, PayPal Ventures, lengan modal ventura perusahaan, berinvestasi di TRM Labs, sebuah perusahaan yang berfokus membantu lembaga keuangan mencegah penipuan mata uang kripto dan kejahatan keuangan, dan Cambridge Blockchain, sebuah perusahaan perangkat lunak kepatuhan dan manajemen identitas berbasis blockchain.

PayPal akan terus mengeksplorasi potensi teknologi untuk meningkatkan layanan keuangan dan memastikannya lebih cepat, lebih aman, dan lebih murah. PayPal bermaksud untuk bekerja bahu membahu dengan regulator, pemerintah dan bank sentral dalam upaya ini.

Bagaimana dengan indonesia? Mudah-mudahan di tahun mendatang Cryptocurrency juga tersedia di PayPal untuk pemegang akun PayPal di Indonesia.