Nvidia Luncurkan Titan Xp; Graphics Card yang akan Mengguncang Dunia

377
Graphics Card Nvidia Titan Xp
Titan Xp juga akan kompatibel dengan Mac 10-series card (dari 9to5Mac)

Teknologi.info – Siapa yang tidak mengenal Nvidia? Bagi para gamers atau desain grafis, tentu nama ini sangat familiar terdengar di telinga. Untuk pasar Graphics Card, hingga saat ini sepertinya Nvidia masih lebih unggul dibanding pesaing-pesaingnya yang lain. Dan dengan kehadiran Titan Xp, maka akan semakin memperbesar langkah meninggalkan kompetitor yang bergerak di segmen ini.

Untuk harga kisaran IDR 16 jutaan, kartu grafis ini menawarkan kemampuan yang sama dengan GPU Pascal GP102 pada Nvidia Quadro P6000 yang harganya hampir 5 kali lipat Nvidia Titan Xp. Titan Xp juga memiliki memori yang jauh lebih cepat daripada Quadro, meningkat dari 10 GHz tahun lalu ke 11.4 Ghz. Seperti halnya Titan X, versi Xp juga mempunyai konfigurasi RAM GDDR5X 12GB.

Lucunya, dengan GTX 1080 Ti yang berada di level harga lebih rendah dari Titan X malah memiliki performa yang mirip atau bahkan lebih baik dari Titan tahun lalu. Sehingga, Nvidia perlu kartu grafis baru untuk mengisi niche tersebut di pasaran dan akhirnya lahirlah Titan Xp.

Yang menarik adalah, tentu saja “serangan balik” AMD terhadap Pascal yang katanya telah mempersiapkan kartu grafis dengan 14nm “Vega” yang bisa dijadwalkan atau diluncurkan kapan saja. Semoga saja hal ini bisa membuat keduanya bersaing seru. Tetapi, saat ini Nvidia masih mememiliki kendali untuk high end graphics card.