Inilah Fitur-Fitur Teknologi di Smartphone yang Menjadi Kenyataan

405
smartphone
Ilustrasi Smartphone (sumber: pixabay.com)

Teknologi.info – Perkembangan smartphone tumbuh begitu cepat, begitu pula teknologi yang menyertainya. Dulu ketika kamu memiliki cikal bakal smartphone yaitu handphone hanya menggunakan fitur SMS dan telepon, sekarang dengan smartphone tidak hanya bisa seperti handphone tapi juga bisa melakukan browsing, kamera, video dan lain-lain.

Smartphone dalam satu, dua lima, bahkan hingga sepuluh tahun ke depan mungkin sangat sulit untuk diprediksi perekembangannya. Karena semakin banyak inovasi yang mempermudah segala aspek kehidupan. Ketika dulu menjadi harapan, sekarang semua sudah menjadi kenyataan.

Berikut inilah fitur-fitur teknologi pada smartphone yang sudah menjadi kenyataan.

Layar Fleksibel

Layar fleksibel
Layar fleksibel pada smartphone

Salah satu fitur yang menjadi pilihan, karena semakin banyaknya minat para pengguna dengan smartphone berlayar besar. Namun pengguna memiliki kendala ukurannya. Dengan menggunakan Organic Light-Emitting (OLED) teknologi Diode; layar fleksibel yang dapat dilipat.

Keberadaaan fitur berupa layar fleksibel ini mulai dikembangkan beberapa produsen smartphone. Sehingga beberapa perusahaan memiliki rencana membuat smartphone dapat digunakan lebih dari satu fungsi.

Projector In-Built

Projector In-Built, Smartphone
Projector In-Built untuk Smartphone

Fitur ini untuk smartphone akan menjadi fitur masa depan. Hal ini dikarenakan pada umumnya ada beberapa pengguna yang menginginkan dapat berubah menjadi layar besar dengan bantuan proyektor di dalam smartphone. Jadi, fitur ini untuk smartphone memiliki ukuran kecil, semakin kecil proyektor, lampu kecil itu akan dapat memberikan tampilan yang lebih besar untuk dilihat pengguna.

Seamless

Fitur ini untuk smartphone adalah fitur kontrol suara yang mendapatkan perhatian lebih para pengguna smartphone. Karena, banyak kontrol suara di beberapa smartphone dirasa kurang memuaskan. Seamless alih-alih diprediksi akan menjadi fitur di masa depan karena fitur ini akan dikombinasikan dengan gerakan dapat membawa interaktivitas ke tingkat yang baru dan dinilai lebih efektif dan akurat.

Layar 3D & Hologram

hologram, smartphone
Teknologi Hologram pada Smartphone (sumber: www.gadget.ro)

Perkembangan teknologi di layar smartphone sudah mencapai tangga sukses. Buktinya dengan resolusi layar dari layar 2D dan 3D tersedia. Layar 3D dan Hologram diprediksi menajdi fitur di masa depan, karena dengan fitur ini dapat mengubah bentuk foto hanya dengan sentuhan tangan. Menariknya foto atau hologram yang muncul termasuk memindahkan benda di dalam foto dari satu tempat ke tempat lain.

Augmented Reality

Augmented Reality, Smartphone
Augmented Reality pada Smartphone

Fitur yang sering disingkat AR ini adalah fitur yang dijadikan sebagai media informasi penyambung kamera pada smartphone. Fitur dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS) untuk memfasilitasi pencarian lokasi. Cara kerja dari fitur ini arahkan kamera smartphone ke objek suatu tempat untuk mendapatkan overlay informasi dari mana kamu dapat menemukan, misalnya rumah makan atau cafe.

Scan Mata

scan mata
Scan mata pada smartphone

Seperti dikutip dari AndroidPIT, Fujitsu mengembangkan teknologi yang dapat memindai mata untuk identifikasi pengguna dalam membuka smartphone hingga melakukan pembayaran. Fujitsu mengklaim teknologi ini jauh lebih akurat daripada sidik jari karena scan mata tidak dapat dipalsukan.

Comments