Apa Perbedaan PlayStation Plus dan PlayStation Now?

736
PlayStation Plus vs PlayStation Now
PlayStation Plus vs PlayStation Now

Teknologi.info – Dengan begitu banyak nama produk dan layanan “PlayStation” di luar sana, mungkin sebagian akan bingung tentang PlayStation Plus dan PlayStation Now. Keduanya adalah layanan berlangganan untuk PS4, PS5, dan PC dengan beberapa perbedaan utama. Apa saja?

Perbedaan Utama: Multiplayer vs Streaming

PlayStation Plus (PS+) mirip dengan Xbox Live Gold. Layanan ini memungkinkan Anda bisa bermain game dengan banyak pemain secara online. PS+ juga memungkinkan Anda mengunduh game gratis, menyediakan penyimpanan di cloud, dan mengaktifkan Share Play.

Sementara itu, PlayStation Now lebih mirip Netflix, di mana Anda dapat melakukan streaming game PlayStation 2, PlayStation 3, dan PlayStation 4 sesuai ke PS4, PS5, atau PC yang telah berlangganan. Anda bahkan dapat mengunduh beberapa game ke konsol Anda.

Keduanya menawarkan poin menarik untuk para gamer dengan dana “terbatas”. Untuk lebih rinci, kami akan mencoba menjelaskan setiap layanan tersebut.

Apa Itu PlayStation Plus?

Jika Anda ingin bermain online dengan pemain di seluruh dunia, Anda harus berlangganan PlayStation Plus. Jika Anda memainkan game yang benar-benar gratis untuk dimainkan seperti Fortnite atau Apex Legends, maka Anda tidak memerlukan Plus, tetapi layanan ini menawarkan lebih dari sekadar game online dengan harga $9,99/bulan.

Pertama, layanan ini hadir dengan beberapa konten eksklusif untuk game tertentu seperti Fortnite. Misalnya, pada bulan Juni 2021, Anda bisa mendapatkan Fixer Outfit dan Reckoning Back Bling jika ingin tampil gaya saat memainkannya.

Fortnite PS Plus IndonesiaKedua, Anda akan mendapatkan fitur penyimpanan cloud yang memungkinkan PS4 atau PS5 Anda untuk menyimpan proses permainan Anda di server PlayStation secara otomatis. Jika suatu waktu Anda mengalami kerusakan konsol, penyimpanan Anda akan selalu aman melalui akun PS Plus Anda.

Selain itu, Anda dapat mengizinkan teman untuk bermain game online dengan Anda melalui fitur Share Play, meskipun mereka tidak memiliki game-nya; Mereka dapat stream game ke sistem mereka seolah-olah Anda memberi teman Anda pengontrol tambahan.

PlayStation Plus juga menawarkan penjualan rutin yang menguntungkan pelanggan, dan Anda akan memiliki akses ke sejumlah besar game setiap bulan secara gratis dengan layanan ini. Saat tulisan ini dirilis, PlayStation menyediakan dua game PS4 dan satu game PS5 pada minggu pertama setiap bulan. Sebagian besar game-game berkualitas triple-A seperti Final Fantasy 7 Remake, Star Wars: Squadrons, The Sims 4 dan lain-lain.

Final Fantasy VII Remake
Final Fantasy VII Remake

Khusus untuk pengguna PS5, ada juga Koleksi PlayStation Plus yang mencakup 18 game berkualitas tinggi dari generasi sebelumnya, termasuk God of War, Persona 5, Resident Evil 7: Biohazard, Until Dawn, dan Ratchet & Clank (2016).

Untuk harga $9,99 setiap bulannya, PlayStation Plus merupakan deal yang cukup masuk akal dan menarik. Anda juga bisa mendapatkan harga lebih murah jika Anda membeli langganan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Apa Itu PlayStation Now?

Daftar Game PlayStation Now
Database Game PlayStation Now

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, PlayStation Now adalah layanan streaming untuk game yang mirip dengan Netflix yang diperuntukan untuk film. Layanan ini terpisah dari PlayStation Plus. PS Now memiliki database yang lebih besar dengan lebih dari 700 game yang dapat Anda streaming (yang berarti Anda dapat memainkannya secara instan tanpa mengunduh gamenya ke konsol Anda) atau jika ingin mengunduhnya ke konsol PS4 atau PS5 juga bisa, koq. Anda juga bisa melakukan streaming game melalui klien PC.

Database PlayStation Now berisi ratusan judul yang berasal dari era game PS2, PS3, dan PS4.

Meskipun kualitas streaming PlayStation Now seringkali bukan yang terbaik —dengan masalah kecepatan frame dan kualitas gambar yang buruk terkadang, terutama jika menggunakan Wi-Fi— pilihan game PS4 sangat mengesankan. Gamer PC mungkin menemukan nilai khusus di dalamnya karena itu satu-satunya cara untuk menikmati judul seperti The Last of Us atau seri Uncharted di PC.

PlayStation Now saat ini dibanderol dengan harga $9,99 per bulan. Sama dengan PS+, akan lebih murah jika sekaligus tiga bulan atau satu tahun.

Mana yang Anda gunakan sekarang? Atau mungkin keduanya? Yang manapun, happy gaming, gaes 😉