Diam-diam Google Membuat Interface Android Auto untuk Aplikasi Perpesanan

Google tidak memberikan terlalu banyak hal spesifik saat merilis pembaruan Android Auto yang baru

206
Android Auto Indonesia

Teknologi.info – Untungnya, ada pengembang yang terampil di luar sana untuk memberi kami gambaran awal tentang apa yang akan hadir di Android Auto terbaru, dan ternyata, rilis terbaru untuk peningkatan ini disambut baik.

Menurut temuan yang dibagikan di reddit oleh pengembang AA AIO Tweaker, ada tool di Android Auto yang cukup canggih dan menyediakan akses ke fitur-fitur yang belum diaktifkan oleh Google; dan sepertinya raksasa pencarian itu sedang mengerjakan graphical user interface (GUI)/antarmuka pengguna grafis untuk aplikasi perpesanan di dalam mobil. Dengan kata lain, Android Auto akan segera menampilkan ikon khusus untuk aplikasi perpesanan tertentu.

Aplikasi WhatsApp dan Google Messages adalah dua aplikasi pertama yang kemungkinan besar bisa digunakan nantinya. Meskipun saat ini, mengaktifkan GUI tampaknya tidak membuat perbedaan apa pun, karena fiturnya belum berfungsi.

Jadi, apa fungsi GUI ini ketika akhirnya diaktifkan di Android Auto?

“Setelah diluncurkan, Android Auto akan mulai menampilkan pemberitahuan pesan yang datang dari aplikasi itu. Tapi tidak, itu tidak bisa. Setiap SMS atau pesan WhatsApp akan tetap ditampilkan di pusat notifikasi, dan tidak di dalam aplikasi sendiri”, pengembang menjelaskan.

Dengan kata lain, GUI khusus ini masih akan menampilkan notifikasi, hanya saja GUI tersebut sekarang akan dikelompokkan per setiap aplikasi dan bukan di hub pusat seperti pusat notifikasi.

Apakah ini berarti Google pada suatu saat akan mematikan pusat notifikasi di Android Auto? Sulit untuk memperkirakannya saat ini, tetapi beberapa pembaruan Android Auto berikutnya akan memberi kita gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana fitur ini seharusnya berkembang dalam jangka panjang ke depannya.