Tips Beli Drone Terbaik dan Terbaru

212
Tips Membeli Drone
Tertarik membeli Drone? Simak Tips Berikut

Drone atau pesawat tanpa awak adalah sebuah piranti robotika yang pada awalnya digunakan oleh militer untuk mendukung berbagai tugas mata-mata. Namun kini fotografer maupun pembuat film profesional pun memanfaatkan drone untuk kerja-kerja mereka. Tidak hanya itu, komunitas hobi yang memainkan pesawat mungil ini kini semakin menjamur terutama di kota-kota besar. Anda mungkin salah satu orang yang tertarik dengan drone. Jika Anda ingin memilih drone terbaik, pastikan Anda mengetahui tips beli drone terbaru dan berkualitas tinggi.

Di pasaran hadir beberapa merek drone, lokal maupun impor. Masing-masing dengan kelebihan dan fitur-fitur unggulan. Drone terbaru semakin kekinian dalam hal teknologi dan desain. Desain yang lebih aerodinamik, kokoh namun ringan, kemudian sistem pengoperasian yang makin mudah, fitur-fitur yang makin keren serta baterai yang makin tahan lama hadir dalam produk-produk drone terbaru. Itulah mengapa kita harus makin jeli dalam memilih drone terbaru yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips Beli Drone Terbaru

Tips beli drone terbaru yang sesuai dengan kebutuhan ini penting supaya Anda bisa mengoptimalkan fungsi dari berbagai fitur canggih yang terdapat pada produk berteknologi tinggi tersebut. Sayang bukan jika Anda keliru memilih drone dan kurang memaksimalkan fungsinya hanya karena Anda tidak tahu.

Cara memilih drone terbaik setidaknya mengacu pada beberapa hal mendasar dari drone itu sendiri sekaligus aspek fungsi dan manfaatnya untuk Anda. Apakah Anda membutuhkan drone yang jam terbangnya tinggi atau baterainya awet, drone yang lebih tahan angin dan goncangan, drone dengan kamera paling canggih, drone yang bisa disetting mengikuti perintah atau membuntuti suatu objek, atau drone yang murah? Berikut ini adalah tips beli drone yang sebaiknya Anda tahu, agar Anda lebih puas dan bisa mendapatkan jenis drone yang sesuai kebutuhan dan keinginan.

1. Pelajari Jenis Drone
Tips beli drone yang pertama adalah pelajari dulu jenis drone yang Anda butuhkan. Drone tertentu baik untuk kebutuhan tertentu. Drone dengan teknologi tinggi namun bukan sesuatu yang Anda butuhkan maka akan menjadi barang yang kurang bermanfaat. Karena itu sangat penting untuk mempelajari jenis-jenis drone agar Anda mengetahui mana yang paling akan bermanfaat bagi pekerjaan-pekerjaan Anda.

2. Cek Dimana Akan Membelinya
Jika Anda sudah paham jenis-jenis drone seperti apa yang Anda butuhkan, tips selanjutnya adalah cek dimana Anda akan membelinya. Dimana membeli drone sangat penting agar Anda bisa mendapatkan drone terbaik dengan harga yang kompetitif. Membeli drone bisa secara online maupun secara langsung, masing-masing cara pembelian memiliki keunggulannya. Jika Anda berniat membeli secara online, belilah dari toko online yang aman dan terpercaya sehingga Anda tidak dirugikan.

Sementara membeli drone langsung ke penjual atau distributor memiliki keunggulan karena Anda bisa mengecek langsung kondisi barang untuk menghindari cacat produk dan penipuan. Tapi kelemahannya adalah Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga, apalagi jika Anda harus membeli di luar kota. Tips beli drone secara langsung adalah membeli pada distributor atau agen resmi untuk memastikan Anda mendapatkan produk asli dan bergaransi.

3. Cek Spesifikasi Produk
Langkah berikutnya tips beli drone adalah mengecek spesifikasi drone. Kualitas drone terbaru biasanya sudah dilengkapi kamera dengan spesifikasi yang bagus. Kamera adalah bagian penting pada drone, jadi cek jenis dan fitur kamera serta kualitas gambar yang bisa dihasilkan oleh kamera drone. Drone terkini biasanya sudah menghasilkan video kualitas HD dengan gambar yang stabil dan minim noise.

Spesifikasi lain yang harus Anda perhatikan dalam tips beli drone adalah bagaimana kinerja baterai. Pastikan memilih drone dengan material yang lebih ringan namun kuat serta baterai dengan kapasitas yang besar. Drone terbaru kini bahkan memiliki fitur fast recharging. Jadi Anda tak perlu khawatir kehabisan baterai saat menggunakan drone kesayangan Anda untuk beraksi. Cek juga hal-hal yang bisa diminimalisir agar tak membuat baterai jadi boros.

Jarak tempuh drone adalah hal lain yang harus Anda pertimbangkan dalam tips beli drone. Drone dengan jarak jelajah yang jauh, artinya juga memiliki kapasitas baterai lebih baik, material lebih ringan dan kuat serta sinyal dan sensor yang optimal. Tidak hanya itu, drone terbaru juga bisa disetting agar kembali ke posisi awal secara otomatis. Sehingga Anda bisa memfungsikan drone dengan maksimal dan aman.

Tips beli drone berikutnya adalah mengecek bagaimana kekuatan sinyal yang bisa dipenuhi oleh drone. Cek pada spesifikasinya bagaimana kemampuan jaringan drone. Drone biasanya tersambung dengan WiFi sehingga bisa memberikan video atau gambar secara realtime melalui koneksi internet. Namun periksa apakah drone mampu menangkap sinyal di area dengan banyak pepohonan atau gedung bertingkat.

4. Harga Drone
Harga drone adalah hal penting yang juga harus Anda pertimbangkan dalam memilih drone. Anda bisa mendapatkan drone mulai harga beberapa juta rupiah hingga puluhan juta rupiah. Masing-masing harga tentu memberikan spesifikasi yang berbeda juga. Namun tidak selalu drone yang lebih mahal berarti lebih baik dan bisa lebih mendukung kerja-kerja Anda. Terkadang drone dengan harga rata-rata pun cukup untuk menunjang kinerja Anda.

Jika Anda sudah mengetahui jenis drone yang Anda butuhkan, bagaimana spesifikasinya, lalu seperti apa drone dengan spesifikasi terbaik dengan melihat kualitas kamera, daya jelajah, kemampuan baterai dan berapa harganya, kini Anda bisa memutuskan mana yang akan Anda pilih. Tips beli drone tidak terlalu sulit bukan? Jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi pada rekan-rekan Anda yang telah lebih dahulu memanfaatkan drone untuk hobi maupun kerja-kerja mereka.

Beberapa Jenis Drone Terbaik Saat Ini

Tips Beli Drone memang tidak terlalu sulit asalkan Anda jeli dalam memilih produk dan mempelajarinya. Sebagai tambahan, ada beberapa merek drone yang bisa Anda coba. Misalnya DJI Phantom, merek ini adalah merek drone impor yang yang sudah dikenal memiliki fitur-fitur menarik, teknologi terkini dan handal di hampir segala medan. Namun dari segi harga, merek ini cukup menguras kantong. Namun dengan DJI Phantom 4 misalnya, Anda bisa mendapatkan video 4K berkualitas yang Anda butuhkan.

Jika ingin harga yang lebih bersahabat Anda bisa mencoba Nine Eagles 4CH Quadcopter Mola 5. Produk drone ini juga mampu merekam video berkualitas HD 1280x720p @30fps. Selain itu Mola 5 mudah dioperasikan walaupun oleh seorang pemula. Mola 5 juga kompatibel dengan perangkat berbasis android maupun iOS. Di samping itu masih banyak merek-merek kenamaan lainnya lokal maupun impor yang bisa Anda coba. Yang penting jangan lupa, dalam tips beli drone Anda sebaiknya memastikan garansi dan layanan servis yang baik untuk menghindari kerusakan nantinya.

Advertisements