Smartphone Android Palsu atau Asli? Ini Cara Membedakannya

Share:

Teknologi.info – Smartphone hampir menjadi suatu kebutuhan di era digital sekarang ini. Tingginya permintaan smartphone juga membuat oknum-oknum nakal untuk membuat smartphone yang tidak asli (KW, SC, Replika dll). Yang paling sering ditemukan palsu saat ini adalah ponsel pintar bersistem operasi Android.

Oleh karena itu, sebagai calon pembeli, Anda wajib teliti dan jeli saat memilih dan berencana membeli produk smartphone Android. Beberapa tips di bawah ini bisa Anda gunakan dalam membedakan hp Android asli atau palsu:

  1. Cari informasi tentang smartphone yang nanti akan dicari/dibeli.
  2. Pahami detail, harga dan spesifikasi smartphone Android incaran. Akan lebih aman jika membeli di toko resmi. Jika tidak mengerti spesifikasi smartphone, ajak saudara atau kawan yang bisa dipercaya saat membeli smartphone.
  3. Perhatikan bentuk dan ciri smartphone (nama produk, logo, warna yang tersedia, dus, dokumentasi dan lain-lain) secara menyeluruh. Tentu hal ini bertujuan untuk melihat apakah asli atau palsu dengan membandingkan bentuk dan ciri secara fisik.
  4. Lihat sistem operasi yang disematkan. Jika Android asli, Anda bisa masuk ke menu Google Play Store dengan akun gmail. Jika nama aplikasi ini ada dan isinya tidak seperti Google Play Store pada umumnya, hampir bisa dipastikan smartphone tersebut palsu (lebih sering bersistem Java).
  5. Cocokkan nomer International Mobile Equipment Identifier (IMEI) dengan menekan angka dan kode *#06# pada layar, kemudian cocokkan dengan di dus smartphone serta di situs imei.info agar mudah memastikan bahwa merek yang dijual, memang merek yang benar.

Semoga bermanfaat. Tetap waspada. Jangan terpedaya oleh harga yang sangat murah dari toko kebanyakan.

Smartphone Android Palsu atau Asli? Ini Cara Membedakannya | Leny | 4.5

Kirim Komentar