5 Aplikasi Yang Memberatkan Kinerja Smartphone Android

677
mempercepat android
Android Lemot?

Teknologi.info – Aplikasi-aplikasi berikut mungkin sering kamu gunakan dalam aktifitas sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, sosial media, serta memudahkan berbagai segi kehidupan kamu. Namun, kamu perlu tahu bahwa beberapa aplikasi justru turut berperan dalam menguras baterai kamu, memenuhi kapasitas memori kamu, menyedot kuota data kamu, serta memperberat kinerja HP Android kamu. Mau tahu aplikasi apa saja yang wajib dihapus? Berikut ulasannya:

  1. Facebook
    Ukuran file aplikasi ini lumayan besar, yaitu lebih dari 40 MB. Selain itu, banyaknya fitur, terutama notifikasi yang selalu muncul, serta konten berupa foto serta video juga menghasilkan banyak sekali cache yang memenuhi memori internal kamu. Kuota data kamu juga akan semakin boros karena hal tersebut. Untuk membuka Facebook, gunakan saja browser yang ada di HP kamu. Atau sebagai alternatif, kamu bisa menginstal aplikasi Facebook Lite yang lebih ringan dan tidak memakan banyak memori.
  1. Facebook Messenger
    Facebook Messenger ini cukup menguras baterai, memori, RAM, dan kuota data internet kamu. Sebab, aplikasi Facebook Messenger ini selalu online. Untuk alternatif, sebaiknya kamu buka pesan-pesan yang masuk lewat browser saja. Atau menggunakan aplikasi Facebook Lite di atas juga bisa kok.
  1. Path
    Sama seperti Facebook, Path juga merupakan media sosial yang cukup populer saat ini. Path menawarkan kenyamanan dan privasi yang lebih baik. Karena Path awalnya dibuat sebagai media sosial untuk keluarga dan teman-teman dekat. Makanya jumlah teman di Path dibatasi. Namun, dengan banyaknya foto dan video yang dipajang oleh teman-teman kamu di Path, aplikasi ini menghasilkan banyak sekali cache yang jumlahnya bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan MB. Buat kamu yang kemampuan dan spesifikasi HP Android-nya terbatas, jangan heran kalau aplikasi Path ini sering bikin hang.
  1. Aplikasi Widget Cuaca
    Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan layanan Google di browser untuk mengetahui keadaan cuaca saat ini. Nyalakan saja fitur lokasi di HP Android kamu, atau jika kamu menggunakan WiFi, ketik saja “weather” di kolom pencarian Google. Cara ini sangat mudah dan praktis. Serta pastinya tidak menghabiskan kuota data, memori, dan baterai kamu.
  1. Antivirus
    Sistem operasi pada HP Android sangat aman dan tidak gampang terkena virus. Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu menginstal aplikasi antivirus di HP Android kamu. Antivirus gratis yang banyak tersebar di Google Play Store biasanya memiliki ukuran yang lumayan besar dan cukup berat dijalankan. Karena antivirus akan nge-scan seluruh data yang terdapat di memori internal dan eksternal HP Android kamu.

Itulah beberapa aplikasi yang memberatkan sistem kerja hp Android ada baiknya jika bisa menggunakan aplikasi yang berfungsi saja sehingga akan jauh lebih bisa mengoptimalkan kinerja Smartphone.

Advertisements