Akhirnya Sharp Resmi Dibeli oleh Foxconn

1114
Sharp, Foxconn, Kozo Takahashi, Terry Gou
Chairman & CEO Foxconn, Terry Gou (kiri) dan Presiden & CEO Sharp, Kozo Takahashi (kanan) (sumber: www.sharp-world.com)

Teknologi.info – Butuh waktu 4 tahun bagi Foxconn untuk dapat membeli Sharp. Karena selama bebera tahun terakhir, Sharp mengalami kerugian yang mengakibatkan keuangan perusahaan memburuk, sehingga membutuhkan dana segar untuk berjalan.

Sharp yang selama ini menjadi perusahaan independen di Jepang dan dunia selama 104 tahun semenjak berdirinya pada tahun 1912. Akhirnya diakuisisi oleh Foxconn yang merupakan perusahaan asal Taiwan dikenal di mancanegara sebagai perusahaan untuk memproduksi iPhone.

Dalam kesepakatan tanggal 2 April, akhirnya pembelian perusahaan Sharp yaitu senilai USD 3,5 Miliar atau sekitar Rp 46 Triliun. Sehingga Foxconn mendapatkan saham mayoritas perusahaan untuk menempatkan orangnya di dewan direksi. Pembelian itu termasuk membayar hutang Sharp sebanyak USD 900 juta atau sekitar Rp 11 Triliun. Proses kesepakatan itu terjadi di Sakai, Jepang antara Presiden Sharp Kozo Takahashi dan CEO Foxconn Technology Group Terry Gou.

Foxconn akan mendapatkan teknologi-teknologi yang dimiliki oleh Sharp. Salah satunya teknologi untuk layar yaitu IGZO (Indium Gallium Zinc Oxide) yang menurut Terry Gou lebih bagus dari OLED (Organic Light-Emitting Diode) yang banyak digunakan sekarang. Apalagi dengan IGZO dapat menghemat daya daripada OLED. Implementasi IGZO sering digunakan pada iPad milik Apple.

Terry Gou dalam sambutannya yang dikutip dari pres rilis oleh Sharp menyatakan rasa hormat terhadap Sharp sebagai inovator dan pemimpin dalam teknologi dunia dimana yang diwariskan oleh pendirinya, Tokuji Hayakawa. Dengan kerjasama kedua perusahaan akan menjadi gabungan kekuatan perusahaan dunia dengan sumber daya unik untuk mencapai keberhasilan.

Kozo Takahasi dalam pidato yang dikutip dari pres rilis oleh Sharp menyatakan Sharp akan bekerja dengan Foxconn untuk menggabungkan kekuatan dan membentuk Aliansi Strategis Sharp/Foxconn. Tujuannya untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan melalui pengembangan dan pembuatan produk IOT serta robotic, dengan tidak melupakan kontribusi pada budaya, bermanfaat dan kesejahteraan orang di seluruh dunia.

Takahasi menambahkan dalam kerjasama mereka akan saling menghormati dan mengakui budaya kerja masing-masing perusahaan, dengan membawa semangat kreativitas dan kewirausahaan. Kerjasama ini juga akan menampilkan gaya baru untuk inovasi produk, pengembangan dan manufaktur dari Asia.