MangoSTAR, Layanan Akses Internet Dari Telkom Untuk UKM

Share:

Teknologi.info – PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) baru-baru ini meluncurkan layanan teranyar mereka yang diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang aktif menggunakan aplikasi digital. Layanan dari Telkom ini bernama MangoSTAR.

Layanan ini diciptakan oleh Divisi Business Service (DBS) agar dapat digunakan untuk memudahkan kegiatan para pelaku UKM saat menggunakan akses internet tanpa terbatas ruang dan waktu. Inilah bukti nyata atas komitmen Telkom untuk memajukan UKM di tanah air dalam program ‘3 Juta UKM Goes Digital sampai akhir tahun 2016’ tanpa memandang lokasi.

Muhammad Awaluddin selaku Direktur Enterprise & Business Service Telkom mengungkapkan bahwa layanan MangoSTAR adalah solusi akses internet dengan basis teknologi satelit atau disebut juga Very Small Aperture Terminal (VSAT). Dia juga menambahkan bahwa layanan ini dikemas lebih menarik dan sangat pas digunakan bagi UKM di daerah yang sulit dalam mengakses jaringan fisik (tembaga atau fiber optic).

MangoSTAR sendiri adalah satu-satunya layanan broadband via satelit di Indonesia yang memiliki kecepatan unduh hingga 2 Mbps dan unggah 0.5 Mbps. MangoSTAR tersedia dalam beberapa paket dengan biaya per bulan yang cukup terjangkau. Untuk penambahan kuota, Telkom sudah menyediakan kemudahan top-up melalui www.blanja.com.

Awaluddin menerangkan bahwa konsep peluncuran MangoSTAR adalah bagian dari strategi 3C, yakni: Connectivity, dimana Telkom ingin memenuhi kebutuhan akses internet kepada UKM di tanah air; Content, dimana UKM dapat menggunakan berbagai konten di situs www.smartbisnis.co.id; serta Commerce, yang mana UKM bisa langsung memasarkan produk mereka di www.blanja.com.

Rencananya, Telkom memiliki target mampu memenuhi kebutuhan 5.000 pelanggan MangoSTAR. Dua minggu sebelum peluncuran saja, Telkom sudah menerima berbagai permintaan dari berbagai daerah, seperti Mentawai, Jambi, dan Kalimantan.

MangoSTAR, Layanan Akses Internet Dari Telkom Untuk UKM | Niko Febrianur | 4.5

Kirim Komentar