Inilah Aplikasi Posyandu Pertama di Indonesia Namanya mPosyandu

Share:

Teknologi.info – Dalam meningkatkan kualitas tumbuh kembang dan gizi anak Indonesia, Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama HSBC meluncurkan aplikasi untuk mendukung kinerja Posyandu sebagai garda terdepan dalam pertumbuhan anak Indonesia. Aplikasi yang diluncurkan untuk memperingati Hari Gizi Nasional 2016 dinamakan mPosyandu.

Aplikasi mPosyandu merupakan program yang dinamakan Pos Pintar (Posyandu Pintar untuk Anak Sehat dan Cerdas). Dimana program ini  bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Posyandu melalui kader dengan pemantauan tumbuh kembang dan konseling gizi yang lebih berkualitas.

Aplikasi mPosyandu dibuat untuk memantau kualitas layanan posyandu di Indonesia. Dengan aplikasi tersebut dapat membantu kader posyandu untuk meningkatkan akurasi dan kecepatan penerimaan data pertumbuhan anak, serta memberikan konseling makanan pada bayi dan anak.

Untuk penggunaan aplikasi mPosyandu tahap awal dilakukan pada 3 kota yaitu Jakarta, Surabaya, dan Pontianak. Sebelumnya pada tahun 2013-2015 aplikasi ini telah diuji coba di Sikka (NTT) dan Cilincing (DKI Jakarta).

Ketika kader menggunakan mPosyandu maka terdapat menu Pendaftaran, Pemantauan Pertumbuhan, Kunjungan Rumah Anak Balita, dan Kunjungan Rumah Ibu Hamil. Kader akan mendaftarkan Ibu selanjutnya mendaftarkan Anaknya. Berikutnya mengisi formulir tentang kondisi anak. Bila hasil gizi anak tidak ideal, maka kader bersama ibu dapat menentukan jadwal konseling. Semua data yang dimasukkan melalui aplikasi akan disimpan di Puskesmas setempat.

Untuk lebih lengkapnya bisa melihat Demo aplikasi mPosyandu dari akun Youtube Antaranews.com dibawah ini.

Implementasi mPosyandu di kota Jakarta bertempat di Kelurahan Cilincing dan Semper Barat, Kecamatan Cilincing. Di Surabaya di Kelurahan Simolawang dan Siwodadi, Kecamatan Simokerto untuk implementasinya. Serta, di Pontianak aplikasi diimplementasikan di Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Sungai Jawi Luar, Sungai Beliung, dan Pal Lima, Kecamatan Pontianak Barat.

Inilah Aplikasi Posyandu Pertama di Indonesia Namanya mPosyandu | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar