Google “Core Update” Desember 2020. Bagaimana SERP di Indonesia?

Setelah setengah tahun berlalu, Google akhirnya merilis "Core Update" terbarunya di Desember 2020 ini

604
Google Core Update Desember 2020

Teknologi.info – Satu jam lalu Google baru saja mengumumkan Core Update baru untuk mesin pencarinya. Ini adalah pembaruan inti/Core Updare ketiga di tahun 2020, setelah sebelumnya di Januari 2020 dan Mei 2020. Jadi, update core di Desember 2020 ini sepertinya membutuhkan waktu lebih lama dari pembaruan sebelumnya sebelum dirilis secara global.

Secara berkala, Google memang selalu melakukan pembaruharuan algoritme Google untuk mendapatkan SERP (Search Engine Result Pages atau Halaman Hasil Mesin Pencarian) yang lebih baik dan relevan.

Berikut tweet Google yang mengumumkannya, di mana Google berkata “hari ini, kami merilis pembaruan algoritme inti (core) secara global, seperti yang kami lakukan beberapa kali per tahun. Ini disebut Core Update Desember 2020.”

Pembaruan sebelumnya yang terbaru adalah pembaruan di bulan Mei 2020, pembaruan itu cukup besar dan mencakup seluruh wilayah hingga membutuhkan beberapa minggu untuk dirilis sepenuhnya. Sebelum itu, juga ada pembaruan di bulan Januari 2020. Dan yang paling terasa bagi para SEO Master atau Webmaster adalah pembaruan di bulan Juni 2019 silam.

Situs Anda terkena dampaknya? Apa yang harus dilakukan?

Google telah memberikan semacam saran tentang apa yang harus dilakukan oleh webmaster jika situsnya terkena dampak negatif dari pembaruan ini. Jawaban Google? Tidak ada tindakan khusus yang harus diambil untuk memulihkannya.

Dan faktanya, pengaruh penurunan peringkat di SERP mungkin tidak menandakan ada yang salah dengan halaman Anda. Meski demikian, Google telah memberikan daftar yang harus Anda periksa untuk dipertimbangkan jika situs Anda terkena pembaruan ini.

Setiap kali Google memperbarui algoritme peringkat pencariannya, itu artinya situs Anda bisa mendapat ranking yang baik atau sebaliknya. Tidak sedikit para mastah SEO yang kelimpungan ketika Google melakukan “core update”. Mengetahui kapan Google membuat pembaruan ini memberikan kita semacam insight apakah ada perubahan setelah hari ini di traffic atau kata kunci organik yang masuk ke web kita. So, perhatikan data analitik dan peringkat situs Anda untuk keyword yang memang Anda incar sebelumnya.