Beragam Manfaat Market Research Tools untuk Bisnis

156
Market Research Tools Bisnis

Teknologi.info – Sekarang ini sosial media merupakan tempat yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Dimana untuk tujuan utama misalnya dapat digunakan sebagai penghubung dan bisa menambah teman. Selain itu sosial media juga bisa menjadi tempat untuk berekspresi dan mengemukakan pendapat yang dipunyai. Baik dari menggunakannya untuk fan girling, menceritakan pengalaman yang seru, dan juga dapat mencurahkan keluhan atau pujian mengenai brand. Oleh karena itulah pada dasarnya sosial media memang mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Salah satu manfaat yang sangat penting dan tidak bisa dipungkiri sekarang ini adalah sebagai brand awareness. Media sosial merupakan cara pemasaran yang paling efektif di era digital seperti sekarang ini. Sehingga dapat untuk meningkatkan brand awareness dan bisa menaikkan penjualan dengan efektif. Perbincangan mengenai brand bisa digunakan sebagai cara untuk mengenalkan produk yang dipunyai. Hal tersebut bisa diciptakan oleh brand tersebut atau bisa terjadi karena kondisi tertentu. Sehingga untuk hal ini pada umumnya akan terjadi secara alamiah dan tidak bisa dihindari karena misalnya suatu kejadian yang viral. Bagi brand tentu saja tidak bisa untuk mengikuti arus dan harus menjemput bola. Oleh karena itulah bisa menggunakan jasa market research tools untuk bisnis.Dimana beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan jasa tersebut untuk bisnis adalah:

  1. Mengetahui persepsi konsumen terhadap kompetitor
    Manfaat pertama dengan menggunakan jasa riset di sosial media adalah dapat untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kompetitor. Dalam usaha, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai threat atau ancaman yang dipunyai. Sehingga Anda juga harus mempunyai kewaspadaan mengenai produk kompetitor. Hal ini bisa dilakukan dengan mulai dari mengetahui persepsi dari masyarakat luas mengenai produk dari kompetitor produk yang dimiliki. Sehingga hal tersebut bisa mencari celah untuk mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.
  2. Mengetahui persepsi dan penerimaan pasar terhadap produk yang dimiliki
    Manfaat selanjutnya juga dapat untuk mengetahui persepsi pasar mengenai produk yang ditawarkan ke konsumen. Selain dengan mengetahui tanggapan konsumen mengenai produk dari kompetitor tentunya juga penting untuk mengetahui tanggapan terhadap produk yang dimiliki. Oleh karena itulah bisa untuk mengumpulkan tanggapan masyarakat tersebut. Hal ini juga akan dapat untuk mengetahui penerimaan pasar mengenai produk yang dimiliki dan tanggapan terhadap brand secara luas.
  3. Mengetahui harapan konsumen yang belum dipenuhi
    Manfaat terakhir yang dipunyai adalah dapat untuk mengetahui harapan konsumen yang masih belum terpenuhi. Setiap brand dan produk biasanya akan meminta saran dan produk sehingga dapat bisa memaksimalkan dan memperbaiki apa yang masih kurang. Sekarang ini harapan konsumen tersebut juga pada umumnya akan mudah untuk ditemukan. Sehingga hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan langkah kedepannya ketika akan mengeluarkan produk. Dengan harapan yang terpenuhi maka hal tersebut akan membuat konsumen tetap setiap menggunakan produk atau bahkan menarik konsumen baru. Oleh karena itulah perlu untuk selalu melakukan peningkatan terhadap produk.

Adapun jasa yang bisa dipilih untuk menjadi solusi tersebut bisa menggunakan platform dari Sonar Platform. Sonar merupakan platform yang menawarkan banyak solusi untuk bisnis yang dipunyai sehingga akan lebih berkembang dan menguntungkan. Seperti solusi yang lengkap mulai dari market intelligence, influencer discovery, audience profiling yang bisa didapatkan dari sosial media, command center, competitor research, dan juga brand sentiment analysis. Sehingga dengan solusi tersebut akan bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan bisnis yang lebih menguntungkan kedepannya.