Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

2806
Halodoc Aplikasi Konsultasi Dokter Online
Teknologi.info - Review Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter #TanyaDokterAsli

Apakabar Sejawat Tekno di manapun Anda berada, semoga tetap sehat selalu, ya! Eh, pernah dengar atau membaca tentang sebuah startup yang bernama Halodoc? Apps ini di masyarakat umum lebih dikenal dengan sebutan aplikasi konsultasi dokter online. Padahal, di dalam App Halodoc juga menyediakan layanan farmasi seperti pembelian obat, membuat janji kunjungan ke rumah sakit yang bekerjasama hingga lab checkup.

Sekedar intro, Halodoc adalah aplikasi yang salah satu fitur andalannya adalah konsultasi langsung dengan dokter melalui gawai masing-masing pengguna yang meng-install Halodoc. Secara sederhana, aplikasi HaloDoc menggunakan teknologi untuk saling menghubungkan antara pasien (user) dengan dokter melalui chat, telepon hingga video call.

Untuk menggunakan layanan HaloDoc Konsultasi Dokter secara online, pengguna cukup mengunduh aplikasi HaloDoc kemudian daftar serta mengisi data singkat diri. Aplikasi HaloDoc bisa digunakan dari ponsel pintar bersistem operasi Android maupun iOS (link download ada kami sediakan di akhir tulisan ini).

Cara Konsultasi Dokter dengan HaloDoc

Seperti yang kami sebutkan di atas, Anda harus memasang aplikasi di perangkat seluler yang akan digunakan. Jika sudah, Anda diwajibkan untuk registrasi dan menuliskan nomor seluler Anda untuk verifikasi. Jangan lupa untuk mengisi data profile dengan benar agar sang dokter nanti bisa sedikit terbantu dengan keluhan ataupun pertanyaan yang akan Anda sampaikan nanti.

Jika sudah dirasa benar, silakan kembali ke halaman awal HaloDoc dan klik “Chat with a doctor“. Nanti akan muncul banyak gambar yang di sebelahnya nama dokter lengkap. Konsultasi ini ada yang berbayar dan ada juga yang gratis (berlabel “FREE”).

Chat with a doctor - Hubungi dokter

Seingat kami, kami mencoba hingga mengklik 3 orang dokter, baru yang ketiga yang berhasil. Dua sebelumnya gagal karena ada notifikasi sibuk (terlebih yang kami klik adalah dokter yang memiliki label gratis, jelas permintaan untuk konsultasi sangat padat, begitu perkiraan kami mencoba menganalisa).

Untuk mulai berkonsultasi, klik “CHAT“, nanti akan muncul detail biaya yang diperlukan per sesi konsultasi Tanya Dokter. Jika sesuai, klik “CONFIRM” Selanjutnya Anda akan dibawa ke laman yang memiliki countdown timer di bawah nama dan foto dokter yang Anda pilih tersebut.

Countdown Timer dr Maulia

Beruntung kami memilih dr. Maulia Wisda Era Chresia karena beliau saat kami meminta konsultasi bisa memenuhi permintaan kami, dan masih ada promo DOKTERGRATIS1 sehingga bebas biaya. Hihihi…

Tangkapan Layar Konsultasi dengan dr Maulia via HaloDoc

Jika dirasa sudah mengerti, akhiri konsultasi dengan menekan tombol bertuliskan “END” di pojok kanan atas. Setelahnya, silakan berikan rating dengan mengklik “RATE YOUR EXPERIENCE“. Setelah memberikan rating, kita akan melihat kesimpulan dari hasil konsultasi via chat dengan dokter tadi.

Berikan Penilaian terhadap dokter yang memberikan konsultasi

Berapa biaya yang kami keluarkan? Tidak ada (selain kuota internet) karena kami memilih dokter yang memiliki tanda “FREE”. Namun, dengan keramahan dan jawaban yang sangat mencerahkan, konsultasi dokter dengan aplikasi HaloDoc ini sangat membantu. Selebihnya, sesuaikan saja dengan keperluan Anda. Ada banyak pilihan dokter, mulai dari dokter umum, dokter penyakit dalam, dokter anak, dokter jantung dan sebagainya.

Menariknya, dengan HaloDoc, Anda juga bisa Buat Janji Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga lebih banyak lagi dokter-dokter di daerah-daerah yang bermitra dengan HaloDoc agar semakin luas jangkauan wilayah yang dilayani.

Pertanyaan yang Sering Diajukan terkait Konsultasi Dokter di Halodoc

Bagaimana jika dokter yang kita REQUEST tidak ada pada saat itu?

Jika dokter tidak ada pada waktu saat kita meminta, kita bisa menunggu sampai dokter ada/online di jadwal konsultasi berikutnya. Silakan gunakan fitur Notify Me (Beritahu Saya) agar kita nantinya mendapatkan informasi bahwa dokter yang kita minta sudah tersedia. Opsi selanjutnya adalah dengan konsultasi ke dokter lain yang statusnya tersedia.

Bisakah kita menggunakan layanan Konsultasi Dokter untuk orang lain?

Bisa. Anda hanya perlu menambahkan data di bagian profil dalam aplikasi Halodoc dan melengkapi keterangan yang diminta serta apa hubungan kita dengannya (Ayah? Ibu? Anak? Isteri? Suami? Paman? Bibi? atau yang lainnya). Jika sudah, silakan mulai seperti semula saat ingin berkonsultasi, nanti akan ada pilihan diri kita sendiri atau anggota keluarga yang telah kita tambahkan.

Melalui Media Apa Kita Berkonsultasi dengan Dokter?

Di Halodoc, umumnya kita akan menggunakan fasilitas chat yang ada. Meski demikian, juga tersedia fitur telepon dan video call jika sang dokter mengaktifkan fitur ini. Dalam proses konsultasi, bisa saja dokter meminta gambar/foto terkait keluhan yang kita rasakan untuk membantu memahami lebih jauh penyakit yang mungkin diderita.

Apakah Aman Memberikan Data Kesehatan Kita ke Halodoc?

Halodoc menjaga dan menghormati privasi pengguna. Rahasia kita terjamin mengingat bahwa Medical Record (Catatan Medis) memiliki aturan tersendiri dan hanya kita lah yang berhak memiliki dan mengelola serta membuat keputusan kepada siapa kita berikan (untuk kepentingan konsultasi).

Lebih lengkap mengenai pertanyaan yang sering diajukan, silakan meluncur ke halaman resmi mereka di https://www.halodoc.com/faq

Akhir kata, kami cukup puas dengan layanan HaloDoc Konsultasi Dokter. Bintang 5 langsung meluncur untuk apps rating di App Store hohoho… SalamĀ #TanyaDokterAsli

Halodoc Apps
Halodoc Konsultasi Dokter