Hackers Mencuri Data 100 Juta Pengguna Quora termasuk User Password?

135
Quora Hacked
Teknologi.info - Sandi dari 100 juta pengguna Quora dicuri?

Sekitar 100 juta pengguna Quora terdampak oleh unauthorised access (akses tidak sah) ke salah satu sistemnya oleh pihak ketiga yang berhasil menembus pertahanan situs Quora. Setelah mengetahui akan adanya “kebocoran”, Quora langsung memperingatkan penggunanya melalui email tentang apa yang terjadi dan tindakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh pengguna terhadap akun mereka di Quora.com.

Informasi yang diambil oleh peretas meliputi nama akun, alamat email, kata sandi yang terenkripsi, serta data yang diimpor dari jaringan tertaut saat diizinkan oleh pengguna -mungkin juga- telah disusupi, tulisnya dalam email.

Situs web ini populer untuk berbagi pertanyaan dan jawaban oleh anggota yang seringkali secara anonim. Namun, pesan langsung yang dikirim antar pengguna mungkin juga terkena imbas dari pencurian data ini. Quora menganjurkan agar pengguna sesegera mungkin merubah kata sandi (password) di akun milik mereka yang lain (di luar situs Quora) jika password tersebut sama dengan password di Quora.

Jadi, jika password Quora Anda sama dengan password Facebook atau email atau akun apapun, maka sebaiknya password di Facebook dan akun lain yang sama segera diubah agar mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

Pihak Quora sendiri sudah melakukan logout otomatis untuk semua pengguna Quora yang mungkin telah terdampak untuk mencegah hal fatal yang lebih jauh.

“Kami sedang dalam proses memberi tahu pengguna yang datanya telah disusupi,” kata kepala eksekutif Quora, Adam D’Angelo.

Pelanggaran sistem keamanan itu ditemukan pada hari Jumat dan diklaim tidak mempengaruhi pertanyaan dan jawaban yang ditulis secara anonim. Quora mengatakan bahwa pihaknya juga telah melaporkan ke pihak yang berwajib.

“Kami telah menyimpan bukti forensik digital dan meminta perusahaan keamanan terkemuka untuk membantu kami,” katanya.

Untuk mengetahui update terbaru dan langkah apa saja yang harus dilakukan terhadap keamanan akun Quora, silakan membacanya di Quora Security Update.

Situs web Quora ini didirikan pada 2009 oleh D’Angelo dan Charlie Cheever, dua mantan karyawan Facebook.

Lampiran isi email Quora tentang Security Update

Quora Security Update