Internet di Indonesia Mengalami Kenaikan Kecepatan

1219
Ilustrasi Internet (sumber: pixabay)

Teknologi.info – Akamai sebagai pemimpin layanan Content Delivery Network (CDN) di dunia membuat laporan terbaru tentang perkembangan internet di berbagai dunia. Laporan yang diberi tajuk “Akamai`s State of the Internet Report Q4 2015”. Laporan tersebut merangkum perkembangan internet di kuartal ke-4 tahun 2015 dari berbagai seluruh dunia.

Akamai dikenal mempunyai layanan internet cepat, solusi untuk performa website, solusi jaringan dan cloud hingga berbagai layanan lainnya. Dalam laporan tersebut, terjadi kenaikan kecepatan koneksi internet rata-rata sebesar 109% atau lebih dari dua kali lipat disbanding kuartal yang sama pada tahun 2014.

Kenaikan kecepatan internet tersebut menjadi 3,9 Mbps. Dari persentase kenaikan itu, Indonesia merupakan yang tertinggi untuk negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Tapi, rata-rata kecepatan internet di Indonesia masih berada di bawah rata-rata dunia yang sebesar 5,6 Mbps.

Indonesia juga menempatkan dirinya di nomor ke-6 dunia dalam hal kecepatan internal maksimal. Dimana ada kenaikan kecepatan akses internet maksimal sebanyak 495% dibandingkan kuartal yang sama pada tahun 2014 menjadi 79,8 Mbps.

Menurut Akamai, kemungkinan penyebab kenaikan kecepatan internet di Indonesia dikarenakan adanya penambahan server Akamai yang dipasang oleh operator telekomunikasi terkenal di Indonesia. Kemungkinan lain adalah banyaknya jaringan internet 4G/LTE yang disebar mulai diseluruh Indonesia pada akhir tahun 2014.

Hal itu dikarenakan ada kesesuaian data pada laporan tersebut dimana kenaikan besar tentang kecepatan internet di Indonesia terjadi dalam periode kuartal ke-4 tahun 2014 hingga kuartal ke-4 tahun 2015. Tapi, sebaran kecepatan internet di Indonesia masih belum merata, dalam laporan dinyatakan hanya 0,5% pengguna bisa mendapatkan kecepatan internet di atas 15 Mbps.

Comments