Phantom 4: Drone Cerdas DJI yang Bisa Terbang Sendiri

1297
DJI Phantom 4
DJI Phantom 4

Teknologi.info – Kehadiran Drone yang kini sudah menjamur membuat masyarakat sudah tidak asing lagi. Beragam harga ditawarkan; ada yang mudah, ada yang pula yang terbilang mahal. Semuanya menawarkan fitur keren yang semata-mata demi kepuasan para pengguna drone. Dari sekian banyak merek drone, mungkin DJI menjadi salah satu yang paling sering didengar para penyuka gadget jenis ini.

phantom-4-01

Dikutip melalui situs PetaPixel (02/03/2016), dikatakan bahwa pihak DJI meluncurkan seri terbaru drone mereka dengan nama Phantom 4. Drone ini merupakan versi terbaru dari Phantom 3 yang dirilis tahun 2015 kemarin. Seri terbaru, tentu dengan kemampuan yang lebih disempurnakan lagi dari pendahulunya. DJI bahkan berani memproklamirkan bahwa Drone Phantom 4 merupakan drone paling pintar di dunia saat ini.

Pernyataan tersebut bukan kalimat kosong, DJI mengklaim jika Phantom 4 sebagai drone terpintar oleh karena ActiveTrack Feature yang disematkan pada drone terbaru mereka. Fitur ini bisa membuat drone dengan otomatis mengukuti target rekam objek. Jadi, pengguna tidak perlu mengontrol manual ke mana arah drone terbang dan merekam karena Phantom 4 akan mengikuti ke mana pun target bergerak.

ActiveTrack DJI Phantom 4
Fitur ActiveTrack DJI Phantom 4 yang bisa otomatis bergerak mengikuti objek yang direkam

Di samping itu, Drone Phantom 4 produksi DJI ini juga memiliki kemampuan untuk menghindari rintangan ketika drone ini terbang. Terdapat 2 sensor berbentuk mata pada bagian belakang dan depannya sehingga menjadikan Phantom 4 dapat menghindari benturan; entah dengan bukit, pohon dan benda lain yang kebetulan menjadi penghalang jalan terbangnya.

Fitur keren lain dari DJI Phantom 4 adalah daya rekamnya yang beresolusi 4K dengan kecepatan 30 fps (Frame per Second). Sedangkan untuk resolusi Full High Definition (HD), Phantom 4 bisa mencapai kecepatan 60 fps. Asyiknya lagi, ada fitur slow motion yang bisa 120 fps. Drone terpintar ini mampu mengudara kurang lebih 30 menit dengan jangkauan terbang mencapai 5 km. Ketika menggunakan sport mode, Phantom 4 dapat terbang dengan kecepatan sampai 70 km/jam.

phantom-4-02

Drone DJI Phantom 4 dapat dibeli secara online melalui situs resmi DJI (http://store.dji.com/phantom) dengan harga yang -tentu saja- tidak bisa dibilang murah. Dengan semua fitur yang ditawarkan, Anda bisa membawa pulang drone ini dengan harga 18.2 juta Rupiah (kurs 1 dolar = Rp. 13000) atau $1.399. Tertarik untuk memiliki DJI Phantom 4 ini?