Galaxy S20 Verizon yang pertama Mendapatkan Update Android 11 dan One UI 3.0

126
Android 11 Indonesia

Teknologi.infoVerizon hari ini mengungkapkan bahwa jajaran Samsung Galaxy S20 akan menjadi ponsel Samsung pertama yang menerima sistem operasi Android 11 terbaru dan juga Samsung One UI 3.0 di Amerika Serikat, dan sekarang software tersebut sudah mulai bisa didapatkan oleh pelanggan khusus Verizon. One UI 3.0 telah dalam versi beta publik selama dua bulan terakhir, dan kali ini sudah menjadi versi final ketika dirilis bersama Android 11.

One UI 3.0 memiliki fitur pesan, notifikasi, dan keamanan Android 11, bersama dengan beberapa add-on khusus untuk One UI. Samsung telah menambahkan cara yang lebih mudah untuk mengakses widget, mengambil screenshot, dan mengetuk layar dua kali untuk meng-nonaktifkan/sleep ponsel Anda. Apa saja yang baru di One UI 3.0 bisa Anda lihat di sini.

Contoh layar dan notifikasi di One UI 3.0

Di luar Amerika Serikat, rilis One UI 3.0 secara internasional juga akan bertahap. Samsung dikabarkan sudah  mengirimkan jadwal lengkap tanggal rilis kepada pengguna di Mesir, dengan Galaxy S20 yang akan menerima Android 11 dan One UI 3.0 di bulan Desember ini juga. Menurut jadwal, ponsel berikutnya yang menerima pembaruan adalah ponsel Note 20, Z Fold, Note 10, dan S10 pada Januari 2021 mendatang. Pembaruan akan memakan waktu lama untuk mencapai setiap ponsel Samsung yang didukungnya. Jika Anda pengguna Galaxy A10, A20 atau A30S, sepertinya jangan terlalu berharap bisa meng-update ke Android 11 sebelum Agustus 2021 nanti.

Dari yang kami baca tentang review Android 11 dari bulan September silam, kami mengapreasiasi langkah Android untuk menambahkan beberapa fitur yang mungkin akan berguna bagi user. Hanya saja, Samsung dikenal perlu waktu lama dalam merilis pembaruan, seperti saat Android Pie rilis, Samsung sedikitnya butuh lima bulan untuk bisa merilisnya secara publik. Namun, semakin ke sini, Samsung semakin “cepat”. Lihat saja Android 10 yang “hanya” perlu waktu 3 bulan sejak dirilis oleh Google.

Masalah di atas sangatlah penting mengingat Samsung adalah vendor smartphone terbesar di dunia. Artinya, adopsi fitur baru secara luas sangat bergantung pada perusahaan yang memilih untuk memasukkannya ke dalam versi baru One UI. Dari preview awal kami, sepertinya bagian terpenting dari Android 11 telah berhasil menjadi One UI 3.0.

Indonesia? Semoga bisa segera mencicipi Android 11 yang kata orang internal Google, mereka sementara menyebutnya adalah Red Velvet Cake.