Teknologi.info – Sebagai bagian dari investasi $1 miliar dalam kemitraan dengan penerbit berita, Google akan mulai membayar beberapa konten berbayar untuk program Google News Showcase. News Showcase, tambahan baru untuk Google News yang diluncurkan pada bulan Oktober 2020 akan menampilkan panel cerita yang dikurasi oleh penerbit – tetapi saat ini belum tersedia di Indonesia 🙁

News Showcase akan “mulai menawarkan akses ke konten paywall dalam kemitraan dengan publisher berita tertentu”, kata sebuah entri blog Google. Google akan membayar mitra untuk akses terbatas ke konten paywall. Untuk mengakses konten itu, pengguna masih harus mendaftar dengan penerbit/publisher masing-masing.

User di Indonesia seharusnya tidak terlalu bersemangat dengan artikel gratis ini dulu. Google mencantumkan kemitraan dengan penerbit di beberapa negara, tetapi Indonesia saat ini tidak ada dalam daftar. Showcase Berita ditayangkan pada bulan Oktober di Brasil dan Jerman. Publikasi di negara lain meliputi Argentina, Kanada, Prancis, Inggris, dan Australia.

“Pembicaraan sedang berlangsung di sejumlah negara lain,” kata Google.

Contoh Google News di Jerman

Google juga mengumumkan panel cerita (story) jenis baru, yang memungkinkan penerbit untuk menampilkan daftar artikel penting di hari itu. Pilihan ini akan muncul di feed “For You” pengguna, serta area khusus yang baru dalam Newsstand di Google News.

Newsstand pertama kali diluncurkan untuk aplikasi Google Berita di Android, dan sekarang tersedia di iOS. Google mengatakan akan segera hadir di news.google.com dan Google Discover.