HIMPIKOM Gelar Seminar Teknologi, Informasi dan Komunikasi dalam Jurnalistik Mahasiswa

63
Seminar Jurnalistik Mahasiswa yang diadakan oleh HIMPIKOM (Sumber Foto: Nazmi HIMPIKOM)

Teknologi.info – Jurnalistik di kalangan mahasiswa mempunyai tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang perkembangan dunia kampus. Oleh karena itu, diperlukan peran lebih besar berupa Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti website dan social media untuk mendistribusikan kepada masyarakat.

Mengangkat tema “Seminar Jurnalistik Mahasiswa: Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Jurnalisme Mahasiswa”, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer (HIMPIKOM) FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebagai pelaksana mengadakan pada Senin, 19 Desember 2016 di Aula Rektorat Lantai 3 ULM.

Ada tiga narasumber yang dihadirkan untuk mengupas dunia jurnalistik. Pertama, DR. Harja Santanapurba, M.Kom beliau adalah dosen ULM lulusan Universiti Teknologi Malaysia, berikutnya M. Sidik, SHI sebagai wartawan senior PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) dan Kaspul Anwar (dipanggil Apunk) sebagai fotografer senior Banjarmasin Post.

Seminar, Jurnalistik, Mahasiswa, HIMPIKOM, FKIP, ULM
Peserta Seminar Jurnalistik Mahasiswa yang diadakan oleh HIMPIKOM (Sumber Foto: Nazmi HIMPIKOM)

Dibawa oleh Delsika Pramata Sari, M.Pd sebagai moderator, seminar ini diawali pemaparan dari DR. Harja Santanapurba, M.Kom untuk menulis dengan baik, informatif, dan sesuai kaidah jurnalistik. Harja memberikan studi kasus pada sebuah grup Facebook binaannya dimana terjadi pemanfaatan media sosial. Anggota grup tersebut belajar jurnalisme mulai dari jurnalistik, linguistik, fotografi hingga TIK.

Narasumber kedua, M. Sidik, SHI menjelaskan panjang lebar tentang dunia berita dimana ada panduan dalam menulis yaitu 5 W 1 H terdiri dari What, Who, Where, When, Why, dan How. Sedangkan Apunk menjelaskan adanya fotografi jurnalistik sebagai isi, pelengkap berita atau artikel dan dapat dimuat dalam suatu media. Apunk juga melihat fenomena fotografi yang bertebaran di media sosial yang kurang dalam memberikan informasi.

Selain materi jurnalistik bagi peserta, seminar ini dimeriahkan oleh hiburan kesenian yang dibawakan Rizky sebagai penyanyi, PILKOM Band, dan Bima sebagai pemadihin. Akhir acara, diadakan pembagian souvenir untuk narasumber dan hadiah buat peserta yang mengikuti kuis dari panitia.

Berikut ini video Seminar Jurnalistik Mahasiswa: Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Jurnalisme Mahasiswa oleh HIMPIKOM.