Melalui Program Edukasi #JualOnlineAja, MatahariMall.com Menyapa UMKM di Makassar

519
JOA Makassar
Peserta UMKM pada JOA MatahariMall.com Makassar via https://twitter.com/mataharimallcom

Teknologi.info – MatahariMall.com merupakan perusahaan pertama yang menawarkan layanan O2O di lingkup nasional. Perusahaan yang menjadi ritel online terbesar di Indonesia ini berada di bawah naungan Lippo Group (perusahaan ritel multi format terbesar Indonesia). Adanya program edukasi JOA (Jual Online Aja) dari MatahariMall.com merupakan langkah nyata untuk mengembangkan UMKM di Indonesia. Mengapa UMKM?

Tujuh puluh juta UMKM di Indonesia menyumbang kontribusi sebanyak 90% dalam hal penyerapan tenaga kerja (data Tim Gugus Ketahanan Ekonomi Kementerian BUMN). UMKM juga menyumbang 60% GDP negara Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan UMKM sangatlah penting. Keberlangsungan UMKM juga meminimalisir angka pengangguran.

Pada tanggal 28-29 April 2016 yang lalu, MatahariMall.com melaksanakan event pelatihan UMKM di Makassar melalui program #JualOnlineAja (JOA) dengan melibatkan beberapa komunitas seperti MakassarPreneur dan Tangan Di Atas (TDA) Makassar. Pelatihan yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta Makassar dihadiri tidak kurang dari 117 peserta dari kalangan UMKM. Para peserta mendapat materi berupa pelatihan tentang manajemen perusahaan (CEO – Chief Executive Officer), pelatihan tentang keuangan perusahaan (CFO – Chief Financial Officer), pelatihan tentang pemasaran perusahaan (CMO – Chief Marketing Officer), dan pelatihan tentang order management (COO – Chief Operation Officer) serta workshop untuk foto produk. Kesemua materi ini disesuaikan dengan topik bisnis online.

Kezia Mareshah selaku PR Manager MatahariMall.com mengatakan “Terdapat lebih dari 11 ribu pelaku UMKM di Makassar dengan produk-produk yang unik dan beragam. Kemampuan mereka dalam mengembangkan usahanya tentunya akan memberikan kontribusi terhadap struktur ekonomi di Makassar”.

“MatahariMall siap untuk menyediakan berbagai dukungan terhadap kebutuhan UMKM di Makassar, yang mencakup program pelatihan, platform usaha dengan jangkauan nasional dan media promosi,” tambahnya lagi.

MatahariMall memiliki komitmen untuk membantu UMKM dalam memperluas cakupan wilayah pemasaran produk mereka dengan media online yang dimiliki MatahariMall.com. Sehingga, para pelaku UMKM di Makassar bisa memasarkan ke seluruh Indonesia produk mereka; bahkan dengan ongkos kirim gratis!

“MatahariMall percaya bahwa produk yang dihasilkan oleh UMKM di Makassar memiliki kualitas yang baik. Karena itu, melalui program JOA, kami harap dengan pemahaman dan pelatihan yang tepat, jangkauan bisnis para UMKM ini dapat melonjak pesat,” ujar Ruby Adityawarman, SME Development Community Manager MatahariMall.com.

Program JOA ini nanti akan memilih 2 pelaku UMKM terbaik (TeMMan Super) di setiap kota yang mereka singgahi. Agar terpilih menjadi “TeMMan Super”, pelaku UMKM wajib mempunyai produk yang unik serta minat yang tinggi dalam berjualan online. Selain itu, TeMMan Super juga akan mendapatkan mentoring secara berkala, promosi produk dan serta beberapa kit pendukung untuk bisnis mereka.

Program JOA yang dijalankan sejak akhir tahun 2015 ini bertujuan untuk membina dan membantu UMKM, tidak hanya di Makassar tapi di seluruh Indonesia dengan platform eCommerce MatahariMall.com. Berkaca dari keberhasilan event tahun lalu di pulau Jawa (Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali), tahun 2016 ini cakupan event JOA lebih luas lagi. Selain pulau Jawa, juga akan ada di Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan dengan rentang waktu Maret hingga November 2016.

Bagi pembaca yang kebetulan pelaku UMKM dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang #JualOnlineAja (JOA) MatahariMall.com ini, bisa menghubungi Kezia Mareshah (PR Manager MatahariMall.com) di nomor telepon 0811 8010 391 atau email [email protected]